KPU: surat suara pemilu serentak 2019 telah tiba semua

id KPU Solok Selatan,Surat Suara,Logistik Pemilu

KPU: surat suara pemilu serentak 2019 telah tiba semua

Seorang petugas mengangkat dus yang berisi surat suara di gudang KPU Solok Selatan, di Pinang Awan, Kecamatan Pauh Duo, Sabtu (9/2). (Dok, KPU Solok Selatan)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Surat suara pemilihan DPD RI untuk Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, sebanyak 116.445 lembar tiba di daerah itu pada Minggu sehingga semua surat suara untuk pemilihan umum serentak 2019 sudah datang seluruhnya, kata Ketua KPU setempat Nila Puspita.

"Masih dalam perjalanan, tapi sudah tiba di Koto Baru, Solok Selatan. Beberapa menit lagi sampai di gudang," ujarnya di Padang Aro, Minggu.

Ia mengatakan dengan telah sampainya surat suara pemilihan DPD RI ini berarti surat suara untuk pemilihan umum serentak 2019, yakni pemilihan presiden, pemilihan DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota, telah lengkap.

Jumlah surat suara untuk masing-masing kategori sebanyak 116.445 lembar.

Sementara untuk pelipatan suarat suara, sebutnya masih menunggu petunjuk teknis dari KPU RI. "Dalam waktu dekat akan digelar rapor yang salah satu bahasannya adalah pelipatan surat suara," ujarnya.

Sementara terkait perakitan kotak suara, imbuhnya, telah selesai semua untuk tiga daerah pemilihan.

Saat proses penyelesaian perakitan tersebut, katanya kembali ditemukan kotak suara yang rusak sehingga menambahkan kekurangan kotak suara menjadi 318 buah dari sebelumnya 243. Kotak suara yang telah datang 2.847 dari kebutuhan 2990 unit.

"Kekurangan kotak suara, selain rusak, kami juga meminta penambahan untuk PPK sebanyak 77 buah dan KPU 5 buah," terang Nila, yang merangkap koordinator Divisi Logistik KPU Solok Selatan ini.

Kekurangan kotak suara yang rusak dan penambahannya, imbuhnya dialokasikan untuk daerah pemilihan tiga (kecamatan Sungai Pagu, Pauh Duo dan Koto Parik Gadang Diateh).

Alasannya, selain memiliki daerah sulit yang sedikit dan masih bisa dijangkau dengan sepeda motor atau mobil, jarak dari Padang juga lebih dekat.

"Kami bedakan gudang untuk dapil satu, dua dan tiga. Gudang dapil tiga di Piang Awan, Pauh Duo, lebih dekat dari Padang ketimbang gudang dapil satu dan dua yang berada di Sungai Lambai, Sangir" jelasnya.

Sementara kotak suara untuk daerah pemilihan satu dan dua telah disusun per nagari (desa adat) yang kini menunggu kelengkapan logistik lainnya yang masih kurang, seperti formulir yang pengadaannya di KPU provinsi.

"Perakitan kotak suara sudah selesai 100 persen, tinggal menunggu kekurangannya datang," ujarnya.

Untuk bilik suara, yang juga kurang sebanyak 608 buah dari kebutuhan 2.392 unit, sebutnya jika tidak ada penambahan dari KPU RI bisa menggunakan bilik suara untuk Pilkada sebelumnya.

"Waktu pilkada yang lalu juga menggunakan bilik suara dari kardus, dan itu boleh digunakan," ujarnya.

Selain itu juga masih terdapat bilik suara yang terbuat dari alumunium, yang juga bisa digunakan. "Jumlah semuanya sekitar 700 dan jika memang kekurangan tersebut tidak datang Solok Selatan tidak kekurangan bilik suara, " ujarnya. (*)