OPD Solok Selatan diminta manfaatkan media massa promosikan daerah

id Amdani,solok selatan

OPD Solok Selatan diminta manfaatkan media massa promosikan daerah

Asisten III Setdakab Solok Selatan, Amdani bersama Kabag Humas Firdaus Firman dan narasumber pelatihan jurnalistik OPD saat memberikan arahan, Kamis (13/12). (Antara Sumbar/Erik IA)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, diminta untuk mampu memanfaatkan media massa dan media sosial untuk mempromosikan daerah.

"Sekarang banyak media yang bisa dimanfaatkan seperti media massa dan media sosial untuk mempromosikan daerah serta memberitahukan kepada masyarakat kalau pemerintah itu bekerja," kata Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Solok Selatan, Amdani pada pelatihan jurnalistik yang diikuti pegawai OPD setempat di Padang Aro, Kamis.

Ia mengatakan sekarang banyak program pemerintah yang belum terpublikasikan kepada masyarakat sehingga banyak pandangan negatif kepada pemerintah.

Saat ini informasi tersebar dengan cepat tetapi belum tentu semuanya benar, sehingga OPD harus bisa meluruskan informasi yang tidak sesuai kenyataan.

Kepala Bagian Humas Solok Selatan Firdaus Firman mengatakan, setiap OPD bisa menunjuk satu orang untuk memberikan informasi ke publik.

"Kami mendorong OPD untuk memanfaatkan media massa maupun sosial untuk menginformasikan pada masyarakat terkait kinerja pemerintah," katanya.

Selain itu jika OPD bersangkutan tidak bisa membuatkan beritanya bisa berkoordinasi dengan Humas setempat agar dibuatkan.

"Sekarang banyak informasi yang tidak sesuai fakta beredar di media sosial terkait kinerja pemerintah, dan OPD terkait harus bisa memberikan penjelasan supaya stigma yang beredar tidak berkembang luas," katanya.

Selain itu OPD juga bisa memanfaatkan foto untuk menggambarkan kinerja pemerintah. Foto bisa menceritakan banyak hal sehingga harus dimanfaatkan sebaiknya.

Salah seorang narasumber pelatihan Afrizal Amir mengatakan, OPD bisa memberikan press rilis kepada wartawan terkait pencapaian pemerintah.

Untuk kriteria pemberitaan katanya, yang penting mengandung data dan fakta, bersifat penting dan menarik. (*)