BPCB Sumbar gelar pameran cagar budaya di Bukittinggi

id Cagar budaya, pameran

BPCB Sumbar gelar pameran cagar budaya di Bukittinggi

Salah satu replika rumah gadang yqng dihadirkan dalam pemaran cagar budaya oleh BPCB Sumbar di Kota Bukittinggi. (ANTARA SUMBAR/Syahrul Rahmat/18)

Bukittinggi, (Antaranews Sumbar)- Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat (BPCB Sumbar) menggelar pameran cagar budaya di Kota Bukittinggi dalam rangka menyukseskan rangkaian kegiatan Silek Arts Festival 2018 yang dilaksanakan pada beberapa kota di daerah itu.

Pada pameran yang digelar di Aula Kantor Bapelitbang Kota Bukittinggi tersebut, pihak BPCB mengusung tema cagar budaya yang berkaitan dengan kekhasan Minangkabau, seperti rumah gadang, surau dan silek.

"Pameran ini akan berlangsung selama empat hari, yang dimulai dari tanggal 27 hingga 30 November 2018," kata Koordinator Kelompok Kerja BPCB Sumbar, Hasan Basri di Bukittinggi, Selasa.

Dalam pameran tersebut dihadirkan beberapa tinggalan cagar budaya berupa senjata tradisional, naskah kuno serta replika menhir, prasasti dan rumah gadang.

Selain itu juga terdapat beberapa foto masjid kuno serta rumah gadang yang menjadi benda tinggalan cagar budaya di Sumbar.

Karena berada dalam rangkaian kegiatan Silek Arts festival, ia menambahkan, dalam pameran tersebut juga dihadirkan beberapa foto tentang Silek Minang serta dilengkapi dengan narasi yang menceritakan tentang silat.

Selain pameran, dalam kesempatan tersebut pihak BPCB juga mengadakan beberapa perlombaan bagi pelajar di daerah tersebut, seperti lomba mewarnai, melukis dan Cipta Baca Puisi.

"Perlombaan tersebut merupakan wadah untuk menumbuhkan kreatifitas para pelajar dalam berkaya serta agar mereka dapat meluangkan masa mudanya untuk hal yang positif," ujarnya. (*)