Pemkab Agam asuransikan seluruh atlet Porprov

id porprov, agam

Pemkab Agam asuransikan seluruh atlet Porprov

Ketua KONI Kabupaten Agam, Zarfinus Makmur. (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengasuransikan 394 atlet yang akan membela daerah itu saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV di Padang Pariaman pada 13-28 November 2018.

Ketua KONI Agam, Zarfinus Makmur di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan atlet itu telah terdaftar di BPJS Kesehatan dan asuransi ini berlaku selama satu bulan.

"Ke 394 atlet itu berasal dari 33 cabang olahraga," katanya.

Selain atlet, tambahnya, KONI setempat juga mengasuransikan 40 panitia, 95 orang pelatih dan official.

Dana premi asuransi itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Agam 2018.

Asuransi itu untuk melindungi atlet, official, pelatih dan panitia mulai dari berangkat dari rumah ke lokasi bertanding, saat bertanding dan sampai pulang ke rumah.

"Jika terjadi kecelakaan pada masa itu, maka akan diobati sesuai kebutuhan medis," katanya.

Dengan adanya perlindungan ini diharapkan atlet bisa tampil maksimal saat bertanding sehingga perolehan medali kontingen Agam pada Porprov XV ini meningkat pada Porprov sebelumnya.

Pada Porprov di Padang, Agam meraih peringkat tiga besar setelah tuan rumah dan Bukittinggi dengan memperoleh medali emas 54 keping, perak 50 keping dan perunggu 58 keping.

Ke 54 medali emas berasal dari angkat berat sebanyak 25 keping, dayung enam keping, pencak silat lima keping, atletik empat keping, gulat tiga keping, tenis meja tiga keping, tarung drajat tiga keping, taekwondo dua keping, paralayang satu keping, karate satu keping dan bridge satu keping.

"Kita berharap target ini akan tercapai nantinya karena atlet yang diutus merupakan atlet berprestasi dan mereka telah melakukan persiapan menjelang bertanding," katanya.