HKN ke-54, amanat Menkes: kesadaran menjaga kesehatan harus ditingkatkan

id Hari Kesehatan Nasional,Peringatan HKN di Payakumbuh,Wawako Payakumbuh,Erwin Yunaz

HKN ke-54, amanat Menkes: kesadaran menjaga kesehatan harus ditingkatkan

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz (ANTARA SUMBAR/Syafri Ario)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan masih rendah sehingga mendongkrak jumlah orang yang sakit yang ditangani tenaga medis, kata Menter Kesehatan Nila F Moeloek melalui amanat tertulis dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-54.

Dalam amanat Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek yang dibacakan Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz di Payakumbuh Selatan, Senin, mengatakan selama 2014, terjadi peningkatan orang sakit yang harus ditangani oleh tenaga medis.

Faktor mayoritas penyebab terjadinya peningkatan tersebut karena kesadaran menjaga kesehatan masyarakat masih rendah.

Untuk menanggapi hal ini, sebutnya pemerintah mau tidak mau harus melakukan gebrakan untuk menyeimbangi peningkatan pasien.

Selama empat tahun kepemimpinan Jokowi-JK, katanya pemerintah fokus dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. Terbukti perlindungan financial telah dibayarkan kepada Penerima Iuran Bantuan (PIB) sebanyak 87,8 juta jiwa pada tahun 2015 dan pada tahun 2017 meningkat menjadi 92,3 juta jiwa.

Layanan jaminan kesehatan nasional (JKN) juga meningkat dari 19.969 tahun 2015, menjadi 21.763 di tahun 2017. Kemudian peningkatan layanan fasilitas kesehatan dari 1.847 faskes di tahun 2015 menjadi 2.292 faskes di tahun 2017.

Untuk memeratakan pelayanan kesehatan, Kemenkes telah menyebar para dokter muda ke daerah terpencil dan terluar Indonesia. Tercatat 6.313 dokter muda menyebar melalui program Nusantara Sehat (NS).

"Ini membuktikan kepedulian pemerintah terhadap kesehatan masyarakatnya sangat tinggi," katanya.

Selain itu, pengadaan fasilitas kesehatan seperti alat kesehatan, puskesmas, rumah sakit, ambulance jauh meningkat. Jadi, tenaga media sudah bisa memaksimalkan potensinya untuk melayani pasien.

"Mari kita semua jaga kesehatannya. Makan yang sehat, jangan yang instan. Rajin berolahraga dan jauhi narkoba. Saya siap menjadi contoh masyarakat untuk menjaga kesehatan," katanya.

Erwin juga meminta kepada masyarakat untuk tidak melemparkan tanggung jawab menjaga kesehatan ini hanya kepada tenaga medis. Namun, kesehatan ini tanggung jawab bersama. "Dengan itu, akan tercipta lingkungan yang bersih dan rapi," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar