Pesisir Selatan upayakan TDS 2019 lewati Mandeh

id tds, mandeh

Pesisir Selatan upayakan TDS 2019 lewati Mandeh

Sejumlah pebalap TdS 2018 etape III melewati jalan Lintas Singkarak, Kabupaten Solok menuju finis Istana Pagaruyung, Batusangkar setelah menyusuri Danau Singkarak dua kali pada Selasa. (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini) (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini/)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menargetkan balapan Tour de Singkarak (TdS) pada 2019 melewati Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh yang merupakan destinasi wisata andalan daerah setempat.

"Sesuai rencana menjelang akhir 2018 jalan lingkar KWBT Mandeh selesai, sehingga kami menargetkan balapan TdS melintasinya," kata Bupati di Painan, Minggu.

Ia menambahkan jika balapan TdS melewati Kawasan Mandeh maka dampak even tersebut akan jauh lebih besar ketimbang pelaksanaan saat ini dan sebelumnya.

Meski demikian ia tidak menampik bahwa TdS merupakan salah satu even tahunan yang telah membawa dampak positif terhadap dunia kepariwisataan setempat.

"Jika TdS melewati Mandeh maka dampaknya akan luar bisa karena kegiatan itu akan mengeksplorasi kawasan secara menyeluruh, mulai dari pemandangan gugusan pulau, perbukitan dan lain sebagainya," katanya.

Terkait hal itu, pihaknya akan memberikan penawaran secara khusus kepada penyelenggara sehingga rencana itu terwujud.

"Jika bersungguh-sungguh saya yakin rencana itu terwujud dan jauh sebelum iven digelar kami akan mengajukannya ke panitia penyelenggara," ungkapnya.

Pada TdS 2018, Pesisir Selatan mendapat jatah sebagai daerah yang dilewati etape delapan atau etape terakhir, di etape ini para pebalap akan memaksimalkan kekuatannya untuk keluar sebagai juara.