Sensasi cliff jumping di Pulau Sironjong Kecil Mandeh

id cliff jumping di Pulau Sironjong Kecil Mandeh,Mandeh,Pulau Sironjong

Sensasi cliff jumping di Pulau Sironjong Kecil Mandeh

Seorang wisatawan sedang menikmati sensasi cliff jumping di Pulau Sironjong Kecil Mandeh

Painan (ANTARA) - Ari, (38) salah seorang wisatawan dari Kota Medan, Sumatera Utara mengungkapkan sensasi cliff jumping di Pulau Sironjong Kecil KWBT Mandeh Kecamatan Koto XI Tarusan) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

"Akhirnya, saya merasakan juga sensasinya. Melompat di tebing Pulau Sironjong Kecil, memang asyik. Mantap kali, bang," ucap Ari, sambil naik ke atas kapal wisata yang membawanya.

Ari berlibur ke KWBT Mandeh bersama keluarga. Dia memesan paket perjalan wisata pulau one day trip, dengan rute berkeliling kawasan laut Mandeh.

Selembar plat besi tebal menempel di dinding karang ditambah tiga batang tiang besar, menopang di bawah. Kokoh dan kuat. Setinggi 5 (lima) meter, dari permukaan laut.

Di atasnya berdiri tegak. Tanpa alas kaki, pakaiannya kuyup. Sesaat, dia menarik napas. Kemudian dihembuskan. Berulang, sebanyak tiga kali.

Tak lama kakinya terlihat ditekuk. Dua lengan diayun ke atas. Dan, dia pun melompat ke laut. Byurrr...

"Wuih, ini luar biasa, bang. Adrenalin saya terpacu. Benar - benar lokasi uji nyali," ucap Ari.

"Mau coba lagi, bang ? " tanya Deri Afhan, si pemandu wisata.

"Cukup bang. 3 (tiga) kali lompatan. Sekali di 15 meter, dua di 5 meter. Sudah puas sekali lah," jawab Ari. "Kita, lanjut lagi, bang. Ke lokasi selanjutnya," pinta Ari.

"Siapp. Oke. Berangkat kita," jawab sang pemandu perjalanan. Tak lama, mesin kapal menderu. Rombongan wisatawan ini pun, berlalu. Berganti dengan kapal baru, merapat ke lokasi itu.

Pernah Dicuit akun X @ jokowi

Pulau Sironjong Kecil, berada di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh. Tepatnya, di Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Pulau ini, merupakan salah satu destinasi wisata minat khusus unggulan, di Mandeh. Aktifitas paling digemari di sini, adalah terjun bebas dari atas tebing yang tinggi, ke laut. Anda akan merasakan sensasi tersendiri.

Pulau Sironjong Kecil sangat menawan. Di sana, wisatawan dapat melihat rimbunnya pepohonan hijau, berjejer. Laut yang biru, bersih, airnya jernih, dan banyak biota laut unik di bawah.

Daya tarik spot Cliff Jumping di lokasi, sudah dikenal sejak lama. Akun resmi twitter (X) milik Presiden Joko Widodo, pun pernah memposting foto atraksi lompat tebing di pulau ini.

"Kawasan Wisata Terpadu gugus pulau Mandeh, cocok untuk pesiar, snorkeling, menyelam, atau sekadar berperahu," cuit akun twitter (X) @ jokowi pada 8 Maret 2019, lalu.

Akun ini, menampilkan foto seorang pria muda lompat dari atas tebing karang setinggi 5 meter ke laut. Di saksikan temannya, dari atas perahu wisata, di Pulau Sironjong Kecil.

Menteri Sandiuno Pernah Lompat di Sironjong Kecil

Tak cuma itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, juga pernah menjajal langsung sensasi melompat di Pulau Sironjong Kecil.

Ini terlihat, dari postingan akun instagram alessandro_satri, pada 4 April 2023, lalu.

Dia memposting foto Menteri Sandiaga Salahuddin Uno, sedang melompat dari ketinggian 15 meter, di lokasi cliff jumping Pulau Sironjong Kecil.

Sambil menuliskan caption, "Inilah foto terbaik cliff jump di Sironjong Kecil kawasan Mandeh Tahun ini,".

Lokasi ini, masuk dalam paket wisata laut ke Mandeh. Pemandu, selalu membawa singgah wisatawan ke lokasi ini. Untuk mengambil foto dan video.

Bagi wisatawan yang ingin mencoba, dapat memanjatnya. Di Tebing karang, sudah tersedia tali tambang. Terikat kuat ke pulau tersebut.

Selanjutnya, wisatawan akan sampai ke tangga besi plat besi tebal.

Di lokasi, terdapat dua lokasi lompat tersedia. Yakni, ketinggian 5 meter, dan 15 meter dari permukaan laut.

Jika cakap berenang dan punya nyali kuat, pilihlah yang paling tinggi.

Nikmati sensasinya ketika melompat, dan tercebur ke air. Lautnya cukup dalam, tidak ada terumbu karang, dan aman bagi penyuka cliff jumping.

Lokasi Tempat Bersarang Elang Laut

Sekilas, pulau Sironjong Kecil seluas 3 hektare ini, terlihat seperti sebuah kapal.

Untuk menambah daya tarik, pemkab Pesisir Selatan membangun tangga dengan ketinggian 15 meter, di tebing karang yang mengelilingi pulau.

Ini dibuat, sebagai lokasi wisata minat khusus (cliff jumping), bagi wisatawan. Apalagi, lautnya cukup dalam, dan berarus tenang.

Pulau Sironjong Kecil, berdiri berdampingan dengan pulau Sironjong Gadang dengan luas 25 Hektare.

"Di pulau ini (sironjong kecil), wisatawan juga bisa melihat Elang Laut. Burung ini, menjadikan dinding terjal batu karang di lokasi, sebagai sarang. Fenomena ini, kian menambah eksotis pulau, bagi wisatawan," ucap Pj Wali Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia, Ressy Amra.

Selain itu, terangnya, di antara ke dua pulau (Sironjong Kecil dan Sironjong Gadang), bisa dilihat karang - karang indah yang muncul dari permukaan laut.

Masyarakat menyebutnya dengan Batu Rakik - Rakik.

"Lokasi itu, biasanya tempat bermain burung Camar Laut. Biasanya terlihat menjelang senja," ujar Reyes, didampingi Alessandro Satri.

Masuk Spot cliff jumping di Indonesia

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menyebut, atraksi lompat tebing atau terjun bebas di Pulau Sironjong Kecil, tercatat ke dalam 4 (empat) lokasi wisata minat khusus Cliff Jumping di Indonesia.

Ke empat lokasi tersebut antara lain Pulau Sironjong Kecil Mandeh Pesisir Selatan Sumatera Barat, Pulau Pahawang di Lampung, Air Terjun Umar Maya di Lombok, dan Tebing Blue Lagoon Nusa Ceningan Bali.

"Kita cukup bangga dengan ini. Dan, tunggu apa lagi. Ayo berwisata Mandeh, Pesisir Selatan, Sumatera Barat," ucapnya, diamini Kadis Parpora Suhendri dan Kabid Pariwisata Oriza Dharma.

Akses Menuju Pulau Sironjong Kecil

Untuk berkunjung ke pulau Sironjong Kecil, di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, ada banyak sarana transportasi alternatif.

Di Bandara Internasional Minangkabau Padang, anda bisa memilih transportasi darat seperti taksi atau mobil sewaan.

Mudah ditemukan, dan akan membawa anda langsung ke kawasan pelabuhan ikan Carocok Tarusan, dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Di lokasi, anda bisa menemukan banyak kapal wisata, beserta pemandu.

Biasanya, mereka (pemandu wisata) akan menawarkan paket - paket wisata ke pengunjung.

Ada banyak pilihan. Mulai dari one day trip laut (masuk di dalamnya berkunjung ke lokasi cliff jumping Pulau Sironjong Kecil), hingga paket menginap (bermalam) di salah satu pulau, di kawasan wisata bahari Mandeh.