Pemkab Solok siagakan 75 personel Dishub lancarkan arus jalan saat TdS

id TdS Solok,TdS 2018

Sejumlah pembalap berpacu pada etape V Tour de Singkarak 2017, di kawasan perkebunan teh, Solok, Sumatera Barat, Rabu (22/11). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc/17.

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat menyiagakan 75 personel Dinas Perhubungan (Dishub) untuk melancarkan dan mengamankan arus lalu lintas di sepanjang jalur Tour de Singkarak di daerah itu.

"Kami menugaskan 75 personel Dishub untuk melakukan pengamanan lalu lintas untuk menyukseskan Tour de Singkarak 2018 ini," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Solok, Eva Nasri di Koto Baru, Kamis.

Ia mengatakan 75 personel ini akan dibantu dengan polisi, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI dan lainnya.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait, seperti Polres Solok Kota, Polres Arosuka, Satpol PP Damkar setempat, TNI, Den POM, dan nagari- nagari yang dilewati TdS," katanya.

Personel akan disiagakan di persimpangan-persimpangan jalan yang dilalui pebalap TdS. Pada 6 November mulai dari garis star di dermaga Singkarak sampai batas di Malalo, sudah diplot titik disiagakan petugas.

Selain itu, pemasangan rambu-rambu lalu lintas dan prasarana jalan atau lalu lintas lainnya telah selesai dilakukan.

Menurutnya, pihaknya akan menyosialisasikan kegatan TdS kepada masyarakat khususnya untuk penutupan atau pengalihan arus lalu lintas pada waktu TdS berlangsung sehingga mereka tidak terkejut.

Sebelumnya, rangkaian event Satu Dekade Gebyar TdS telah dilaksanakan pada 22 sampai 29 Oktober 2018 kemarin, seperti olahraga Funbike dan KIM di Dermaga Singkarak - Saniang Baka, kemudian eksebisi senam massal dengan jingle TdS di Arosuka, serta Lomba lari Lima Danau 10K di Alahan Panjang Resort.

Kabupaten Solok akan dilewati pada tiga etape yaitu pada etape III yang akan digelar Selasa, 6 November 2018, start dimulai di Pesanggrahan Singkarak sekira pukul 09.00 WIB. Pada etape III ini pebalap akan berpacu pada lintasan sepanjang 150,4 Km.

Selanjutnya, etape VI dengan panjang lintasan 105 km pada Jumat, 9 November 2018, titik start TdS berada di Kota Solok. Sekira pukul 14.00 WIB, pebalap menuju Tanjung Bingkuang, Sumani, Tikalak, Kacang, Ombilin, Batusangkar dan finish di Payakumbuh.

Kemudian etape VII pada Sabtu, 10 November 2018, dengan panjang lintasan 194,4 km, start lintasan dimulai dari Padang Panjang menuju Padang Aro Kabupaten Solok Selatan. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar