Polres Pasaman apel gelar pasukan operasi zebra singgalang 2018

id Polres

Polres Pasaman apel gelar pasukan operasi zebra singgalang 2018

Penyematan pita oleh Kapolres Pasaman, AKBP Hasanudin, kepada perwakilan peserta apel, menandai dimulainya Operasi Zebra Singgalang dua minggu kedepan. (Ist)

Lubuk Sikaping (Antaranews Sumbar)- Polres Pasaman melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Zebra Singgalang 2018. Apel gelar pasukan dilaksanakan di halaman utama Mapolres, Selasa (30/10).

Apel gelar pasukan Operasi Zebra dipimpin oleh AKBP Hasanuddin, S.Ag serta KBO Satlantas, Ipda Rusdi selaku Komandan Apel.

Gelar pasukan dihadiri oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, Ketua DPRD Yasri, unsur Forkopimda. Serta diikuti oleh ratusan personil Polri, anggota TNI, Dishub, Sat Pol PP dan BPBD.

Kapolres Pasaman, AKBP Hasanuddin mengatakan, Operasi Zebra dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan lalu lintas, guna meminimalisir angka pelanggaran serta menekan tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas.

"Operasi Zebra merupakan operasi penindakan terhadap setiap bentuk pelanggaran lalu lintas. Dimulai pada 30 Oktober hingga 12 November 2018. Serentak di seluruh wilayah Indonesia, dengan menitikberatkan pada penegakan hukum," katanya.

Pada pelaksanaan operasi zebra tahun 2018 kali ini ada beberapa prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran operasi, karena berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, antara lain, pengemudi menggunakan handphone, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu.

Berikutnya, pengemudi di bawah umur, pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan Helm SNI, pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba/mabuk, pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

"Kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan atau melanggar lalu lintas akan langsung ditindak tegas alias tilang di tempat," katanya.

Guna mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut, kata dia, perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi kamseltibcar lantas dengan memberdayakan seluruh stakeholder, supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas.

"Oleh sebab itu, diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara kamseltibcar lantas, sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas," katanya.

Selain menggelar apel Operasi Zebra, Polres Pasaman juga melaksanakan Simulasi Pengamanan Pemilu (Sispamlu), sebagai upaya pihak kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban saat pelaksanaan kampanye dan Pemilu serentak 2019.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar