Pemkab Agam terima WTP tiga tahun berturut-turut

id WTP,Agam raih WTP

Pemkab Agam terima WTP tiga tahun berturut-turut

Bupati Agam Indra Catri menerima penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Kepala Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) Bukittinggi, Hendry Rulinson Purba, Senin (14/10). (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mampu mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah itu dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia selama tiga tahun berturut-turut, 2014-2017.

Bupati Agam, Indra Catri di Lubukbasung, Senin, mengatakan, penghargaan ini merupakan yang keempat kalinya semenjak 2014-2017.

"Ini merupakan penghargaan luar biasa di bidang pengelolaan keuangan, karena penghargaan itu kita terima secara berturut-turut semenjak 2014-2017," katanya.

Ia mengatakan, penghargaan yang diperoleh ini buah dari kerja keras seluruh jajaran organisasi perangkat daerah di Pemkab Agam.

Kerja keras itu akan terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan lagi.

“Terimakasih atas kerja keras dari seluruh jajaran OPD, sehingga kita bisa mendapatkan opini WTP dan ini akan kita pertahankan dan dijadikan motivasi untuk dapat lebih baik lagi ke depannya,” katanya.

Kepala Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) Bukittinggi, Hendry Rulinson Purba menambahkan, capaian opini WTP merupakan salah satu indikator pengelolaan keuangan daerah yang sehat, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Opini WTP juga merupakan perwujudan pengelolaan keuangan yang baik, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Ia menambahkan, capaian opini terbaik tidak semata-mata disajikan oleh laporan keuangan, tetapi juga ditopang efektivitas sistem pengendalian intern serta kepatuhan terhadap undang-undang.

Dalam penyelesaian LKPD, katanya, paling utama diperlukan komitmen kepala daerah yang nantinya pasti akan diikuti oleh jajarannya.

"Tanpa komitmen itu maka penghargaan itu tidak akan tercapai,” katanya. (*)