Pariwisata Nagari Api-api menggeliat, jalan lingkar dibangun perlancar akses wisatawan

id Hendrajoni

Pariwisata Nagari Api-api menggeliat, jalan lingkar dibangun perlancar akses wisatawan

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (Antara Sumbar/Didi SP)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDT) mengalokasikan anggaran Rp320 juta untuk pengembangan objek wisata Nagari Api-Api, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada 2018.

"Di Nagari Api-Api terdapat objek wisata Pantai Batu Puti Indah, di lokasi ini juga terdapat pantai berpasir putih yang landai serta dipercantik dengan pemandangan pulau karang yang kira-kira hanya berjarak sekitar 30 meter dari bibir pantai," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Painan, Senin.

Ia menambahkan, alokasi anggaran dari pemerintah pusat ini untuk membangun jalan lingkar guna memperlancar akses masuk wisatawan ke lokasi serta membangunan toilet umum.

Khusus jalan lingkar dianggarkan Rp190 juta sementara untuk pembangunan toilet umum Rp130 juta, pembangunannya sudah berlangsung sejak Agustus 2018.

Sementara itu Wali Nagari Api-Api, Aziyul Nafri menyebutkan sesuai informasi yang diterima dari kontraktor, proyek tersebut diperkirakan selesai pada Oktober 2018.

"Mudah-mudahan dengan selesainya pembangunan sarana dan prasarana objek wisata Pantai Batu Puti Indah semakin banyak dikunjungi wisatawan," ujarnya.

Ia mengungkapkan setelah semuanya terlaksana sesuai rencana pengelolaan objek wisata Pantai Batu Puti akan diserahkan ke Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) setempat.

Objek wisata Pantai Batu Puti secara resmi dibuka oleh Bupati Hendrajoni pada Minggu (5/6/2016) sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam pengembangan potensi pariwisata.

Sejak saat itu objek wisata tersebut ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun nasional, terutama pada libur akhir pekan dan libur nasional.

Di objek wisata Pantai Batu Puti Indah selain bisa menikmati keindahan pantai berpasir putih yang landai, wisatawan juga bisa menikmati sejuknya udara di bawah pohon cemara laut.

Wisatawan juga bisa langsung ke pulau karang Batu Puti dengan menyewa perahu milik nelayan setempat, selain indah wisatawan juga bisa leluasa memancing ikan di lokasi. (*)