Bupati Hendrajoni resmikan Mesjid Samudera Ilahi (Video)

id Pesisir Selatan, Sumbar, Masjid Ilahi

Bupati Hendrajoni resmikan Mesjid Samudera Ilahi (Video)

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni memberikan sambutan pada rangkaian kegiatan peresmian Mesjid Samudera Ilahi. (Istimewa)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni meresmikan penggunaan Mesjid Samudera Ilahi yang berada di kasawan wisata Pantai Carocok Painan, daerah setempat pada Jumat

"Selain akan memperkokoh nilai-nilai Islam di Pesisir Selatan, keberadaan mesjid juga akan menambah keberagaman destinasi wisata," kata Hendrajoni disela peresmian.

Sebagai ikon baru daerah setempat, ia mengajak seluruh masyarakat agar bersama-sama memanfaatkan keberadaan mesjid dan juga menjaganya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pesisir Selatan, Syahriwan, menyebut, pembangunan mesjid menelan biaya Rp27,5 miliar dan dikerjakan dengan anggaran tahun berjalan.

Pada 2019 dikucurkan anggaran Rp2,7 miliar, selanjutnya pada 2020 dikucurkan anggaran Rp16,7 miliar dan pada 2021 terhutang Rp8 miliar.

Secara keseluruhan, ungkap dia, pembangunan mesjid mulai direncanakan pada 2018 dengan disusunnya dokumen lingkungan, dokumen perencanaan teknis.

Kontraktor pelaksana kegiatan ialah PT Adhiwira Ikaputra dan konsultan pengawasanya ialah CV Restu Graha Cipta.

Peresmian mesjid juga dihadiri oleh anggota komisi VIII DPR RI, Lisda Hendrajoni sekaligus ketua TP PKK kabupaten setempat, anggota forkopimda, pejabat daerah dan tokoh masyarakat.

Peresmian mesjid juga ditandai dengan dilaksanakannya shalat Jumat perdana dengan khatibnya Rektor UIN Imam Bonjol, Profesor Eka Putra.