Debarkasi Padang pulangkan 1.571 haji

id haji, debarkasi padang

Debarkasi Padang pulangkan 1.571 haji

Penyambutan kedatangan kloter IV Debarkasi Padang di Asrama Haji Tabing pada Jumat (31/8) (Antara Sumbar/istimewa)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Padang, Sumatera Barat telah memulangkan 1.571 haji terdiri atas empat kloter hingga Jumat, 31 Agustus 2018.

"Dari empat kloter yang telah kembali terdiri atas 625 pria dan 946 perempuan," kata Kepala Kemenag Sumbar Hendri di Padang, Jumat saat melepas secara resmi jamaah kloter empat.

Menurut dia hingga kedatangan kloter IV semua berjalan dengan baik dan belum ditemukan kendala dalam proses kepulangan.

Bahkan pada tahun ini panitia melakukan inovasi dengan mempercepat proses pengiriman air zam zam sehingga saat jamaah tiba mereka langsung bisa membawa pulang, kata dia.

Sebelumnya air zam zam baru tiba dua hari setelah jamaah tiba, saat ini panitia daerah diminta menjemput lebih awal sehingga dapat langsung diserahkan kepada jamaah, lanjut dia.

Sebanyak 392 haji yang tergabung dalam kloter IV Debarkasi Padang tiba di Bandara Internasional Minangkabau pada Jumat pukul 12.00 WIB.

Awalnya kloter IV berjumlah 388 orang kemudian ada lima orang yang melakukan mutasi dari kloter lain.

Kloter IV berasal dari Kabupaten Tanah Datar 280 orang, Kabupaten Agam 72 orang, Kota Padang 28 orang, Kabupaten Muko-Muko dua orang, dan Kabupaten Bengkulu Utara tiga orang.

Kepala Bidang Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Debarkasi Padang dr Jalil Alfani mengayakan setiba di Asrama Haji jamaah harus melewati pendeteksi suhu (thermal scaner) untuk mencek suhu tubuh dan antisipasi kemungkinan tertular penyakit dari Tanah Suci.

Karena Arab Saudi merupakan daerah endemis beberapa penyakit, untuk mengantisipasi semua jamaah yang tiba harus melewati alat pendeteksi suhu untuk memastikan suhu tubuhnya normal, kata dia.

Menurutnya jika ada jamaah yang suhu tubuhnya terdeteksi diatas 38 derajat celcius akan dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh tim medis di poliklinik Asrama Haji Tabing.

Total calon jamaah haji yang pulang melalui debarkasi Padang pada 2018 berjumlah 6.367 terdiri atas 17 kelompok terbang.

Dari 6.367 orang tersebut sebanyak 4.646 orang berasal dari Sumbar dan 1.641 orang Bengkulu serta didampingi 80 petugas haji.