Seluruh jamaah haji debarkasi Padang gelombang pertama telah tiba di Tanah Air

id debarkasi padang

Seluruh jamaah haji debarkasi Padang gelombang pertama telah tiba di Tanah Air

Penyambutkan jamaah haji kloter 7 Debarkasi Padang di Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman (Antara/HO-Kemenag)

Padang (ANTARA) - Dengan telah dilaksanakan serangkaian penyambutan kedatangan jemaah haji kloter 7 Padangpada Jum'at (22/07) maka tuntas sudah penyambutan jemaah haji penyelenggaraan untuk fase pemulangan dari jemaah gelombang pertama.

Pemberangkatan jemaah haji melalui embarkasi Padang tahun 2022 terdiri atas gelombang pertama dan gelombang kedua. Gelombang pertama memberangkatkan jamaah haji Kloter 1 sampai dengan Kloter 7 dan gelombang kedua memberangkatkan Kloter 8.

Mewakili Ketua PPIH Joben Sekretaris PPIH debarkasi Padang melaporkan 390 Jemaah haji kloter 7 yang pulang ke Tanah Air ini merupakan gabungan jemaah dari provinsi Bengkulu dan Sumbar dengan rincian dari Bengkulu 353 orang , Sumbar 33 orang dan Petugas Kloter 4 orang.

Joben menyatakan dengan telah mendaratnya jamaah kloter 7 di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) maka jumlah jemaah haji melalui debarkasi Padang yang telah sampai di tanah air menjadi 2.744 orang dari total 2.886 orang.

Sementara jemaah haji debarkasi Padang yang meninggal dunia sampai saat ini berdasarkan data Sistem Informasi Komputerisasi Terpadu (Siskohat) ada dua orang yaitu Bangun Wahid Lubis asal Pasaman dan Nurhadis Bustamam Rais asal Payakumbuh.

Sesuai jadwal pesawat yang membawa jamaah haji kloter 7 terdiri dari 389 jemaah haji danempat orang petugas tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman padaJumát 22 Juli 2022 dengan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 Seri 300 ER dengan nomor penerbangan GA-3407 pada pukul :08:40 WIB dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Jamaah di sambut langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Provinsi Sumatera Barat, Helmi, selaku Ketua PPIH beserta Ketua DWP, Ny Nazifah Helmi, didampingi oleh Kabid PHU Joben, Kabid serta Panitia Haji dari Sumbar Provinsi Bengkulu.

Penyambutan di lakukan di ruang tunggu dengan pengalungan bunga, pemberian piagam penghargaan kepada petugas kloter dan ketua rombongan di terminal kedatangan BIM diiringi lantunan shalawat dari Tim Shalawat P3IH Debarkasi Padang.

Sedangkan jemaah haji asal Sumbar diserah terima secara seremonial di debarkasi Tabing Padang dengan penyampaian kata sambutan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Padang yang di wakili oleh Hamdani, Wakil PTA di dampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat selaku Ketua Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Helmi.

Turut Hadir Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil kemenag Sumbar .Miswan, Kepala UPT Asrama Haji Padang, serta para Kepala Bidang Kanwil Kemenag Sumbar serta seluruh PPIH dan P3IH Sumatera Barat.

Sedangkan untuk penyambutan jemaah haji Kloter 8 debarkasi Padang yang akan berangkat pada gelombang II dijadwalkan mendarat di BIM pada 12 Agustus 2022 pada pukul 02:25 WIB.