Wawako nilai pramuka wadah membentuk calon pemimpin yang disiplin

id pramuka

Peringatan hari Pramuka ke-57 di Kota Payakumbuh. (Humas Payakumbuh)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Pramuka merupakan salah satu wadah yang membentuk generasi muda calon pemimpin bangsa masa depan yang memiliki kedisiplinan, kata Wakil Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Erwin Yunaz.

"Dalam Pramuka diajarkan nilai-nilai yang diajarkan dalam membentuk anggotanya harus memiliki karakter yang tegas dan disiplin," katanya di Payakumbuh, Senin dalam rangka Peringatan Hari Pramuka Ke-57.

Melalui Pramuka, lanjutnya diharapkan lahir pemimpin masa depan yang berkualitas, tidak hanya skala Payakumbuh, tapi juga provinsi bahkan nasional dan internasional.

Memasuki usia yang ke-57 tahun ini, kata dia Pramuka juga harus menjadi wadah pendidikan karakter dan harus lebih berperan dalam mendidik generasi milenial yang akan melanjutkan masa depan bangsa.

"Pramuka hendaknya dapat menanamkan bibit-bibit kepemimpinan yang beretika dan menjunjung nilai-nilai kejujuran," ujar dia.

Peringatan Hari Pramuka ke-57 di Payakumbuh juga disandingkan dengan dengan dua kegiatan lain, yaitu Kemah Hari Pramuka (KHP) ke delapan dan Lomba "Best of The Best Batiah Scouting Competition" (BOBB) Ke 12 2018 yang berlangsung selama empat hari.

Sementara Ketua Panitia KHP dan BOBB, Anwida mengatakan kegiatan tersebut menjadi sarana dan wadah pendidikan strategis untuk pengembangan wawasan, memupuk jiwa persatuan dan kesatuan serta latihan kepemimpinan bagi pramuka sebagai kader pembaharuan bangsa masa depan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, keterampilan, persatuan dan kesatuan pramuka di Kota Payakumbuh serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan pramuka," ujar Anwida.

Peserta kegiatan ini secara keseluruhan termasuk pembina, pendamping, pimpinan kontingen lebih kurang sebanya 1.127 orang dari 48 gugus depan mulai dari SD, SMP dan SMP sederajat di Kota Payakumbuh, katanya.

Semoga melalui kegiatan ini, tambahnya dapat meningkatkan wawasan dan kreatifitas seluruh komponen Pramuka di Kota Payakumbuh dan terus mengukir prestasi. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar