Wali Kota Pariaman: Raimuna perkuat pemahaman tentang Indonesia

id Raimuna Nasional, dinilai, perkuat pemahaman, anggota Pramuka, tentang Indonesia,pariaman

Wali Kota Pariaman: Raimuna perkuat pemahaman tentang Indonesia

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar (tengah) berfoto bersama dengan kontingen Pramuka Cabang Kota Pariaman untuk mengikuti Raimuna Nasional ke XII Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur. ANTARA/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar menilai pelaksanaan Raimuna Nasional 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta dapat memperkuat pemahaman peserta yang merupakan anggota Pramuka tentang Indonesia.

“Pramuka adalah kawah candradimuka bagi anak-anak muda untuk berinteraksi menempa diri, membangun jati diri, membangun perjuangan nasionalisme dan keakraban sesama pemuda untuk menghadapi tantangan masa depan yang semakin berat," kata Genius Umar saat melepas kontingen Pramuka Cabang Pariaman untuk Raimuna Nasional di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan Pramuka merupakan garda terdepan untuk mengamankan bangsa ini karena di organisasi pendidikan nonformal ini anggotanya ditempa untuk menjadi pemimpin, tegas, mempunyai kedisiplinan yang kuat, dan daya juang yang tinggi.

Oleh karena itu ia meminta peserta Raimuna dari Pariaman dapat memanfaatkan kesempatan mengikuti kegiatan tersebut sebaik mungkin guna memahami Indonesia.

Ia juga meminta anggota Pramuka Pariaman yang menjadi peserta Raimuna dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan baik serta menjaga nama baik daerah dan keluarga.

Pihaknya menyebutkan guna menyukseskan kegiatan nasional tersebut Pariaman mengirimkan 35 orang yang terdiri dari 32 orang anggota pramuka dari SMA dan SMK se-Kota Pariaman serta tiga orang pendamping.

“Saya minta kepada seluruh kepala sekolah dari semua tingkatan mulai dari SD, SLTP, SLTA, dan SMK, untuk menggerakkan kembali kegiatan Pramuka di sekolah masing-masing guna membangun generasi muda yang lebih baik lagi dalam menghadapi era persaingan yang tinggi," tambahnya.

Sebelumnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menilai kegiatan Raimuna Nasional XII yang ditargetkan akan dihadiri lebih dari 25 ribu peserta mampu memperkuat capaian target pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).

“Kegiatan ini tentunya akan memperkuat capaian target (1,2 miliar-1,4 miliar) pergerakan wisatawan nusantara," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam siaran resminya.

Pada Raimuna Nasional XII Tahun 2023 yang berlangsung pada tanggal 14-21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur ini para peserta akan mengikuti total 122 kegiatan .

Kegiatan tersebut terbagi dalam lima pilar kegiatan yakni persatuan dan kesatuan, kebudayaan, teknologi, pengetahuan dan keterampilan, pengabdian masyarakat,serta memperkuat semangat kebangsaan dan kontribusi positif pemuda.

“Semoga rangkaian Raimuna Nasional XII tahun 2023 berjalan dengan lancar dan diharapkan mampu memperkuat semangat kebangsaan dan kontribusi positif pemuda khususnya bagi masa depan pariwisata Indonesia yang lebih maju dan berdaya saing di tingkat global,” ujar Sandiaga.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Raimuna Nasional perkuat pemahaman anggota Pramuka tentang Indonesia