Walau diguyur hujan, Upacara Hari Pramuka ke 62 di Kota Padang Panjang berlangsung khidmat

id Hari Pramuka ke 62 di Kota Padang Panjang,Kwarcab 12

Walau diguyur hujan, Upacara Hari Pramuka ke 62 di Kota Padang Panjang berlangsung khidmat

Padang Panjang (ANTARA) - Upacara memperingati Hari Pramuka ke 62 di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, diwarnai hujan lebat. Meskipun demikian upacara yang dipimpin langsung Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 12 Gerakan Pramuka Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si di SMP Negeri 1, Senin (14/8) berjalan lancar dan khidmat.

Ka Kwarcab 12 Pramuka Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, mengatakan gerakan Pramuka bertujuan membentuk Pramuka berkepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

"Selain itu gerakan Pramula memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan," kata dia.

Menurut dia, salah satu bentuk tujuan tersebut adalah dengan melaksanakan kegiatan Raimuna Nasional yang di laksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta. Kwarcab 12 Kota Padang Panjang juga mengirimkan utusan dalam mengikuti kegiatan tersebut.

"Pada 14 Agustus ini, segenap anggota Pramuka yang ada di seluruh Indonesia merasa bahagia dan bersyukur karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana telah genap berusia 62 tahun," kata Sonny.

Ia menyebutkan, pada tahun ini sekaligus diperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak 1912.

"Tema utama peringatan Hari Pramuka ke-62 ini adalah Mewujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan, tema ini menunjukkan semangat Pramuka untuk meningkatkan sumberdaya manusia yang lebih profesional. Mencermati sumberdaya manusia kita yang ada sekarang ini, masih jauh dari yang kita harapkan. Di samping itu, wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara," ujar Sonny, membacakan sambutan Ka Kwartir Nasional (Kwarnas).

Upacara memperingati hari Pramuka ke 62 tersebut dilaksanakan di halaman SMP Negeri 1 Kota Padang Panjang, diikuti pengurus Kwarcab 12 serta pendidik dan anak didik di lingkungan Gudep 01-001/002 SMPN 1.

Sebagai rangkaian kegiatan tersebut, usai upacara dilanjutkan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Sakti di Kabunsikolos Kelurahan Kampung Manggis Kecamatan Padang Panjang Barat.