Home Kepemudaan Pendidikan Sosial Hari Pramuka ke-62 : Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan

id Hari Pramuka ke-62,berita sumbar,berita solok

Home Kepemudaan Pendidikan Sosial Hari Pramuka ke-62 : Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan

Solok (ANTARA) - Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra bertindak sebagai Inspektur Upacara Apel Besar Hari Pramuka Ke 62 tahun 2023 di lapangan Merdeka Kota Solok, Rabu (25/10).

Wawako saat membacakan sambutan Ketua Kwarnas Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso menyampaikan bahwa tema utama peringatan Hari Pramuka Ke-62 pada tahun 2023 ini adalah “Dengan Peringatan Hari Pramuka ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan.”

Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati sumber daya manusia kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan.

Di samping itu, wawasan Kebangsaan Juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan Kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan.

Harus diakui, jumlah sumber daya manusia yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan Kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kwartir Nasional juga telah menaruh perhatian pada peningkatan Kualitas Gugus depan Pramuka dimanapun berada. Untuk itu, saya berharap bahwa Kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan Kualitas Gugusdepan yang berada di wilayah masing-masing.

Pada tahun ini Juga akan dilaksanakan sejumlah kegiatan nasional. Kegiatan-kegiatan tersebut di antaranya Raimuna Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Pertisaka) Bakti Husada tingkat Nasional, Musyawaranh Pramuka Penegak dan Pandega Putri-Putra Nasional (Musppanitra) serta Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka di Banda Aceh, Provinsi Aceh. Marilah kita bersama-sama untuk mendukung serta mensukseskan kegiatan-kegiatan tersebut. Saya berharap kir?nya kakak-kakak dan adik-adik turut mendukung pelaksanaan berbagai Kegiatan tingkat nasional tersebut.

Khusus terkait Musppanitra dan Munas Gerakan Pramuka, saya berharap agar Kwartir Daerah tidak sekadar memperhatikan soal pemilihan Ketua DKN dan Ketua Kwarnas saja, melainkan juga ikut membahas Rencana Strategis, Rencana Kerja, dan Program Kerja Gerakan Pramuka untuk lima tahun ke depan.

Pemilihan Ketua DKN dan Ketua Kwarnas jangan dijadikan ajang seperti pemilihan dalam kaitan politik praktis; justru kita hendaknya tetap mengutamakan persahabatan dan persaudaraan sesuai dengan Kode Kehormatan kita, yaitu Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Ingatlah bahwa sesungguhnya Kita semua adalah bersaudara, dan apabila terdapat masalah internal hendaknya cukup diselesaikan di antara kita sendiri.

Sementara itu, terkait dengan Rencana Strategis, Rencana Kerja, dan Program Kerja, saya meminta perhatian Kakak-kakak semuanya agar dapat untuk ikut membahasnya dengan sebaik mungkin. Ini dimaksudkan agar jalannya aktivitas Gerakan Pramuka untuk lima tahun ke depan dapat semakin eksis dan lebih optimal.