Pembudidaya tanaman hias Padang Panjang diarahkan memasarkannya lewat asosiasi

id Budidaya Tanaman Hias,Tanaman Hias Padang Panjang,Pemasaran Tanaman Hias

Pembudidaya tanaman hias Padang Panjang diarahkan memasarkannya lewat asosiasi

Sosialisasi pengembangan tanaman hias di Padang Panjang, Senin. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, mengarahkan pelaku usaha budidaya tanaman hias di daerah itu agar memasarkan produknya lewat sebuah asosiasi.

"Selama ini tanaman hias di Padang Panjang sudah cukup diminati, meski begitu tetap perlu upaya agar lebih bagus lagi," Kepala Seksi Distribusi Tanaman Pangan, Dinas Pangan dan Pertanian setempat Prisjoni yang juga pelaku usaha tanaman hias di Padang Panjang, Senin.

Di daerah itu, pemasaran tanaman hias dilakukan sendiri oleh petani yang mebudidayakan sehingga memberi kesan konsentrasi petani terpecah antara membudidayakan dengan memasarkan.

Di samping itu dalam memasarkan tanaman hias juga meski memerhatikan nilai estetika agar nilai jual tanaman bisa lebih tinggi.

"Belum bisa disebut tanaman hias jika nilai estetikanya tidak ada, ini juga perlu diperhatikan petani. Sekarang asosiasi sudah ada, mereka bisa bergabung untuk menguatkan pasar, mencari mitra," katanya.

Ketua Asosiasi Tanaman Hias Padang Panjang, Miswadoni mengatakan selama ini pemasaran tanaman hias memang dilakukan perorangan dan dijual di pinggir-pinggir jalan.

Lewat pemasaran secara pribadi tersebut, tanaman sudah cukup diminati namun terdapat perbedaan harga cukup jauh di antara petani selaku penjual sehingga terkadang menjadi kendala pemasaran.

"Di asosiasi sekarang baru ada 20 orang anggota, kami coba ajak bergabung paling tidak jumlahnya jadi 40 orang dan bersama menyamakan harga sesuai kualitas dan kuantitasnya," katanya.

Sesuai arahan Dinas Pangan dan Pertanian setempat mengenai nilai estetika, hal itu juga akan menjadi perhatian seperti pemilihan pot tanaman hias.

Di Padang Panjang, ia menyebutkan, tanaman hias yang paling diminati adalah anthurium. Selain itu masih ada tanaman hias lain terutama anggrek yang didatangkan dari Medan, Jakarta dan Bandung. (*)

Baca juga: Ini dia galeri tempat memasarkan karya warga binaan Rutan Padang Panjang

Baca juga: Menikmati produk olahan susu di Rumah Susu