Menikmati produk olahan susu di Rumah Susu

id Rumah Susu,Gerai Rumah Susu,Rumah Susu Padang Panjang

Rumah Susu di Padang Panjang. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Rumah Susu merupakan fasilitas yang disediakan pemerintah Padang Panjang untuk pelaku usaha pengolahan susu dalam memasarkan produknya.
Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Bila anda tengah melakukan perjalanan dari Padang ke Bukittinggi, Sumatera Barat, atau sebaliknya, jangan lupa singgah di gerai Rumah Susu Padang Panjang.

Gerai yang berada di pinggir jalan utama Padang-Bukittinggi ini menjual aneka produk olahan susu sapi mulai dari susu parteurisasi aneka rasa, permen susu.

Kemudian keju, yogurt, stik susu. Rumah Susu juga menyediakan produk perawatan kulit berbahan susu sapi berupa krim dan masker.

Penanggungjawab Rumah Susu, Erni di Padang Panjang, Jumat, mengatakan Rumah Susu merupakan fasilitas yang disediakan pemerintah daerah setempat berlokasi di Kelurahan Bukit Surungan untuk pelaku usaha pengolahan susu dalam memasarkan produknya.

Dari semua produk yang dijual, susu parteurisasi yang tersedia dalam rasa coklat, vanila, strawberi, melon dan mocca adalah produk yang paling banyak dibeli dengan harga mulai dari Rp8.000 sampai Rp20.000 bergantung ukuran kemasan.

Setiap hari rata-rata 300 liter susu murni dititipkan pelaku usaha di gerai itu untuk dijual.

Sementara secara keseluruhan produksi susu di Padang Panjang setiap hari berkisar 1.400 sampai 1.800 liter yang juga dipasarkan pelaku usaha melalui koperasi, dijual ke sekolah-sekolah hingga ke luar daerah

"Gerai ini sudah diresmikan sejak 2015. Di sini selain menjual kami juga mengolah karena tersedia peralatan untuk mengolah susu," katanya.

Erni mengatakan beberapa waktu lalu di Rumah Susu juga sempat menjual pempek susu namun karena gerai direhab, belum tersedia lagi fasilitas dapur untuk memasak.

Selain produk olahan susu, juga terdapat sejumlah makanan kering yang dititipkan oleh delapan UKM di daerah itu untuk dijual.

Seorang warga dari Payakumbuh yang singgah di Rumah Susu, Lola (19), mengatakan posisi gerai itu sangat strategis di pinggir jalan yang tidak jauh dari Terminal Bukit Surungan Padang Panjang.

Di samping meminati produk yang dijual, menurutnya Rumah Susu bisa menjadi tempat istirahat sejenak bagi pengendara bila lelah berkendara karena terdapat ruang untuk duduk di lantai satu dan dua.

"Sambil istirahat sebelum lanjutkan perjalanan bisa menikmati susu. Produk yang dijual adalah olahan susu yang tentu baik dikonsumsi," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar