Festival Serambi Mekkah kembali digelar, ini jadwalnya

id festival serambi mekkah,agenda pariwisata padang panjang

Sekretaris Dinas Pariwisata Padang Panjang, Dalius. (dokumen pribadi)

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, bakal menggelar Festival Serambi Mekkah (FSM) untuk ke-12 kalinya pada 10 sampai 13 September 2018 di Lapangan Chatib Soelaiman Bancah Laweh.

Sekretaris Dinas Pariwisata Padang Panjang, Dalius di Padang Panjang, Jumat, mengatakan Festival Serambi Mekkah adalah agenda pariwisata tahunan yang dilaksanakan daerah itu menyambut tahun baru umat Islam, 1 Muharram 1440 Hijriah.

Direncanakan berbagai kegiatan dilaksanakan selama berlangsungnya festival itu untuk menarik perhatian warga setempat, hingga menambah kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke daerah perlintasan itu.

"Kami upayakan agar Festival Serambi Mekkah kali ini berbeda dan lebih meriah dari pada gelaran di tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.

Diagendakan dalam gelaran yang ke-12 tersebut akan ada pameran produk ekonomi kreatif sehingga menjadi sarana berpromosi para pelaku usaha ekonomi kreatif daerah tersebut.

Kegiatan itu juga menjadi wadah menyalurkan kemampuan seni dan budaya karena akan menampilkan atraksi randai, musik dan seni melukis.

Sebagai hiburan tambahan bagi pengunjung, diagendakan artis ibukota dan artis Minangkabau diundang memeriahkan acara tersebut.

"Kami juga mengundang ulama dari Jakarta KH Tengku Zulkarnaen untuk memberikan tausyiah pada warga. Jadi banyak yang bisa dinikmati warga di kegiatan ini ada religi, seni, budaya dan ekonomi kreatif," ujarnya.

Festival Serambi Mekkah juga akan menjadi "grand final" Pemilihan Uda Uni Kota Padang Panjang 2018 yang proses seleksinya telah berjalan sejak April 2018. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar