Ini produk olahan susu keju dari Padang Panjang

id keju

Ini produk olahan susu keju dari Padang Panjang

Produk PaPanyo Keju dari Padang Panjang (ANTARA SUMBAR/Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang)

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), meluncurkan produk olahan susu berupa keju yang diproduksi oleh pelaku usaha pengolahan susu di daerah itu

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian setempat, Wahid di Padang Panjang, Minggu , mengatakan produk keju tersebut berupa mozarella dan gouda dengan merek "PaPanyo Keju".

Pengolahan susu menjadi keju merupakan langkah pemerintah setempat mengembangkan produk olahan susu agar pelaku usahanya lebih kreatif dan semangat mengembangkan usaha sementara di sisi lain peternakan sapi perah jadi lebih produktif.

Ia menerangkan daerah itu adalah sentra produksi susu sapi di Sumbar yang sebagian besar produknya berupa susu pasteurisasi dan yogurt dikonsumsi oleh warga setempat serta dijual ke luar daerah seperti Bukittinggi, Padang hingga Riau.

Kendalanya, tidak semua pengolah susu memiliki mesin pasteurisasi atau masih dilakukan secara manual sehingga jika tidak habis terjual dalam seminggu maka akan rusak dan tidak dapat dikonsumsi.

"Karena itu perlu pengetahuan bagaimana membuat produk yang lebih tahan lama. Keju mozarella dan gouda dipilih karena cukup populer banyak kuliner menggunakan keju tersebut sehingga dinilai prospeknya bagus," ujarnya.

Sejak pertengahan April 2018, para pengolah susu telah mendapat pelatihan pengolahan keju dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian.

Pengolah susu juga telah dikenalkan pada produk prospektif lain berupa wheygurt dan nata de whey.

"Kini dengan bertambahnya jenis produk olahan susu, kami harap mampu meningkatkan perekonomian para pelakunya. Sebelumnya selain susu dan yogurt juga sudah ada kefir, permen susu, pie susu, es krim dan pempek susu," ujarnya.

Produk olahan susu itu bisa dibeli di Rumah Susu yang posisinya cukup strategis di pinggir jalan di jalur Bukittinggi-Padang di Bukit Surungan.