Kopertis X upayakan laboratorium lebih bermanfaat untuk penelitian kampus

id kopertis

Kopertis X upayakan laboratorium lebih bermanfaat untuk penelitian kampus

Laboratorium Kopertis X (Antara Sumbar/M R Denya Utama)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X akan mengoptimalkan penggunaan laboratorium untuk memperkuat kualitas penelitian dosen dan mahasiswa kampus yang ada di bawah binaannya.

"Kopertis X menjadi satu-satunya di antara 14 Kopertis seluruh Indonesia yang memiliki laboratorium ini menjadi keuntungan dosen dan mahasiswa memperkuat keahlian meneliti," kata Sekretaris Pelaksana Kopertis X Yandri, MH di Padang, Jumat.

Salah satu yang didorong kata dia adalah arahan kepada dosen dan mahasiswa yang menggunakan laboratorium untuk menjaga sarana dan prasarana yang ada di dalamnya.

Terdapat dua jenis laboratorium yakni berjalan atau keliling dan tetap di kantor Kopertis X di Padang.

Menurutnya dengan baik dan optimalnya sarana dan alat yang digunakan akan memberikan kemudahan bagi dosen dan mahasiswa meneliti.

Sejauh ini dengan alat yang meliputi empat bidang yakni Fisika, Kimia, Biologi dan Farmasi, peneliti dapat bekerja menemukan beragam inovasi yang keluarannya berupa jurnal dan aplikasi di masyarakat.

Selain sarana prasarana tambah dia, penguatan kualitas analis juga menjadi perhatian guna memberikan pelayanan optimal kepada dosen dan mahasiswa.

Melalui pengiriman mengikuti pelatihan dan workshop di berbagai daerah diharapkan kualitas analis laboratorium dapat terus meningkat.

Senada itu Kepala unit Laboratorium Kopertis X Dr Sunadi mengatakan laboratorium Kopertis bebas dan gratis digunakan oleh dosen atau mahasiswa dari 250 kampus di bawah binaan Kopertis X.

Terkait Laboratorium berjalan atau keliling dilaksanakan rutin setiap bulan ketiga daerah Sumbar, Riau dan Jambi dengan berkunjung ke kampus yang membutuhkan praktikum.

Secara sarana prasarana labor ini berupa bus yang kapasitasnya sebanyak empat orang analis laboratorium dan sekitar sebelas mahasiswa bisa praktikum di dalamnya.

Sistemnya ada secara terbuka dan di dalam bus bergantung kebutuhan dari kampus tersebut.

Meskipun demikian ujar dia, kampus yang dapat menggunakan pelayanan laboratorium keliling ini telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Seperti dalam hal kedisiplinan dan kepentingan untuk menggunakan laboratorium tersebut. (*)