Polda Sumbar bentuk satgas antisipasi teror saat lebaran

id Fakhrizal

Polda Sumbar bentuk satgas antisipasi teror saat lebaran

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal. (Antara Sumbar/Mario S Nasution)

Kita akan fokuskan pengawasan di wilayah perbatasan. Selain itu kita juga fokuskan pengawasan di destinasi wisata yang ada di daerah ini
Padang, (Antaranews Sumbar) - Polda Sumatera Barat membentuk satuan tugas (satgas) untuk mengantisipasi aksi teror di daerah itu saat perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Satgas ini akan tergabung dalam pengamanan Operasi Ketupat Singgalang 2018," kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal di Padang, Rabu.

Ia mengatakan aksi teror dapat terjadi kapan saja sehingga satgas ini bertugas melakukan pengawasan agar tidak terjadi aksi tersebut.

Ia mengatakan pihaknya akan memperketat pengawasan di wilayah perbatasaan dengan Provinsi Riau dan Jambi.

"Kita akan fokuskan pengawasan di wilayah perbatasan. Selain itu kita juga fokuskan pengawasan di destinasi wisata yang ada di daerah ini," kata dia.

Dirinya berharap tentunya Operasi Ketupat Singgalang 2018 in dapat berjalan dengan aman, tertib, dan kondusif dan tidak ada kejadian apa-apa di Sumbar.

Irjen Pol Fakhrizal menyebutkan dalm operasi ini pihaknya tahun menurunkan sebbanyak 6.097 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, dan instansi lainnya.

Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat dalam perjalanan baik arus mudik maupun arus balik dibangun sebanyak 61 pos pengamanan dan 31 pos pelayanan.

Menurut dia Kapolri menegaskan dalam operasi ketupat ini ada empat hal yang perlu ditindaklanjuti yakni kesediaan bahan pangan, kelancaran arus mudik dan arus balik, menekan aksi kejahatan dan antisipasi teroris.

"Kita terus berupaya untuk mencapi tersebut sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat," kata dia. (*)