160 atlet Agam lolos ikuti Porprov XV

id KONI Agam,Porprov

160 atlet Agam lolos ikuti Porprov XV

Ketua KONI Kabupaten Agam, Zarfinus Makmur. (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, merilis 160 atlet daerah itu lolos untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV di Kabupaten Padang Pariaman pada 2018.

Ketua KONI Agam, Zarfinus Makmur di Lubukbasung, Selasa, mengatakan 160 atlet itu berasal dari atletik sebanyak 20 orang, bola voli 12 orang, dayung 36 orang, catur empat orang, tinju empat orang.

Sementara tenis meja 10 orang, bridge 12 orang, judo sembilan orang, menembak 27 orang, biliar empat orang, gulat 18 orang dan softenis empat orang.

"Ke 160 atlet yang lolos ini diperoleh dari pelatih cabang olahraga dan mereka ini telah mengikuti Pra Porprov," katanya.

Ia menambahkan, 253 atlet dari 17 cabang olahraga bakal mengikuti Pra Porprov setelah Idul Fitri 1438 Hijriyah.

Namun pihaknya berharap seluruh atlet tersebut lolos seluruhnya pada event dua tahunan itu.

Dengan lolosnya seluruh atlet itu, maka target perolehan medali nanti akan tercapai nantinya.

Pada Porprov nanti, perolehan medali akan meningkatkan pada Porprov XIV di Padang dengan meraih medali emas sebanyak 54 keping, perak 50 keping dan perunggu 58 keping.

"Dengan perolehan ini, Agam berada peringkat tiga besar setelah Kota Padang dan Bukittinggi," katanya.

Pelaksana tugas Ketua Forki Agam, Mai Indra menambahkan, pelaksanaan Pra Porprov cabang olahraga karate akan dilaksanakan di Padang pada Minggu kedua Juli 2018.

"Sebelum mengikuti Pra Porprov, atlet ini akan mengikuti TC penuh di GOR Rang Agam dan Kota Padang," katanya.

Pra Porprov ini merupakan syarat bagi atlet untuk mengikuti Porprov di Padang Pariaman pada November 2018.

Pada Porprov nanti, pihaknya menargetkan tiga medali emas. Target ini lebih banyak dari Porprov di Padang 2016 dengan perolehan satu medali emas, tiga perak dan enam perunggu.

"Kita optimis meraih tiga medali, karena atlet yang kita kirim telah dibina dan mereka telah menyumbangkan medali pada event tingkat Agam dan Sumbar," katanya. (*)