Wartawan Solok kunjungi Kemkominfo diskusikan perkembangan teknologi

id Wartawan Solok,Kemkominfo

Kasubag TU Kementrian Kominfo RI, Sugeng Pramono menyerahkan cendera mata ke Asisten I bidang Pemerintahan Edisar di Jakarta, Sabtu. (Antara/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Wartawan yang bertugas di Kabupaten Solok, Sumatera Barat mengunjungi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia di Jakarta, Sabtu (5/5) untuk berdiskusi tentang perkembangan teknologi guna mendukung kinerja wartawan dan humas.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha (TU) Kementrian Kominfo, Sugeng Pramono didampingi Kasubdit pemberitaan, Taufik Hidayat di Jakarta, Sabtu mengatakan ada perbedaan antara informasi dan informatika yang merupakan kepanjangan Kominfo.

"Masih banyak wartawan yang salah menulis kepanjangan Kominfo, yang benar Komunikasi dan informatika, bukan komunikasi informasi," katanya.

Ia menjelaskan adanya perbedaan antara informasi yang merupakan pesan yang disampaikan sedangkan informatika adalah alat penyampai informasi.

Selain itu juga dibahas tentang perbedaan peran humas dan diskominfo di daerah untuk membantu publikasi pemerintah.

Menurutnya, humas lebih berperan sebagai media dalam menyampaikan publikasi kebijakan pemerintah, sedangkan dinas Kominfo lebih kepada komunikasi lintas sektor.

Sementara Asisten I bidang Pemerintahan Kabupaten Solok, Edisar mengatakan Pemkab Solok rutin membawa wartawan keluar daerah dalam rangka meningkatkan wawasan dan perkembangan informasi sesuai perkembangan zaman.

"Kita berusaha agar wartawan sebagai mitra humas dapat meningkatkan kompetensinya agar bisa optimal dalam membantu publikasi potensi daerah Solok," katanya.

Ia berharap diskusi wartawan dengan Kemkominfo dapat memberikan pengetahuan dan perkembangan komunikasi terbaru sehingga memudahkan wartawan dalam menangkal hoaks yang cukup meresahkan masyarakat. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar