Kopertis X ajak kampus laksanakan sistem informasi terintegrasi

id Herri

Kopertis X ajak kampus laksanakan sistem informasi terintegrasi

Koordinator Kopertis Wilayah X, Prof Herri. (Antara Sumbar/MR Denya Utama)

Nantinya tinggal melakukan registrasi, daftar dan mendapatkan hasilnya dan dibuka melalui halaman secara daring
Padang, (Antaranews Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X mengajak kampus yang ada di bawah binaannya melaksanakan sistem informasi secara terintegrasi dan menyeluruh.

"Saat ini Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tengah mengembangkan aplikasi Sister yakni sistem informasi sumber daya yang terintegrasi, ini perlu jadi acuan," kata Koordinator Kopertis X Prof Herri di Padang, Senin.

Menurutnya dengan perkembangan teknologi dalam jaringan saat ini semua program akan diarahkan ke sistem semacam itu termasuk untuk penilaian kinerja dosen dan tenaga pendidikan.

Artinya pimpinan kampus dan dosen harus jeli pada perkembangan dan perubahan teknologi khususnya dalam pelayanan di pendidikan tinggi.

Aplikasi Sister ini akan memudahkan dosen atau tenaga pendidikan tinggi dalam proses Angka Penilaian Kredit, Sertifikasi dan Beban Kerja Dosen.

Dengan adanya aplikasi berbasis dalam jaringan, dosen dimudahkan dengan proses yang cepat dan praktis saat melakukan pengumpulan data.

Di samping itu dengan adanya proses terintegrasi tentu antara satu proses dengan yang lain akan berhubungan sehingga memudahkan.

"Nantinya tinggal melakukan registrasi, daftar dan mendapatkan hasilnya dan dibuka melalui halaman secara daring," ujarnya.

Meskipun demikian, tambahnya dosen juga perlu memperkuat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pelatihan yang kerap diadakan Kopertis dan Kemenristekdikti.

Seperti pelatihan implementasi Sister, pelatihan jurnal elektronik, kepustakaan elektronik atau pelatihan e-office.

Dia berharap ke depan 250 kampus yang tersebar di Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau dapat memperkuat sistem dalam jaringan tersebut pada setiap urusan. (*)