LLDIKTI Wilayah X harapkan agar PTS tingkatkan pengembangan perpustakaan

id berita padang,berita sumbar,rilis,perpustakaan,lldikti,wilayah X,prof Herri

LLDIKTI Wilayah X harapkan agar PTS tingkatkan pengembangan perpustakaan

Kepala lldikti wilayah x Prof Herri. (antarasumbar/Istimewa)

Peningkatan pengelolaan perpustakaan perlu dilakukan sehingga fungsinya dalam mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dan menuju digital library dapat diwujudkan,
Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X mengharapkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah kerjanya yaitu Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Sumbar agar lebih meningkatkan pengembangan dan pengelolaan perpustakaan.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri di Padang, Rabu, mengatakan hal itu dapat dimulai dengan membenahi gedung perpustakaan, sistem pengelolaan, jaringan kerja sama, dan peningkatan kompetensi pengelola perpustakaan.

“Peningkatan pengelolaan perpustakaan perlu dilakukan sehingga fungsinya dalam mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dan menuju digital library dapat diwujudkan," ujar dia.

Ia menambahkan minimal sudah menggunakan SLIMS dalam peminjaman dan pengembalian buku, pendataan koleksi, dan pengunjung pustaka.

Lebih lanjut narasumber Bimtek Automasi Perpustakaan yang digelar pada Kamis (25/6) Andi Saputra menjelaskan dari kuesioner yang sudah diisi peserta terlihat sebagian besar perpustakaan PTS masih berada pada level komputerisasi perpustakaan.

Sementara itu, memasuki era normal baru automasi perpustakaan sangat penting dilakukan perguruan tinggi.

“Pada masa sekarang dan akan datang diharapkan perpustakaan perguruan tinggi sudah berada pada level digitalisasi perpustakaan dan smart library yang mampu menjadi jantung perguruan tinggi,” ungkap Andi.

Bimtek yang dilaksanakan secara daring tersebut diikuti sebanyak 107 peserta dari 39 Perguruan Tinggi Swasta yang sudah mendaftar pada aplikasi layanan Gulamu LLDIKTI Wilayah X. (*)

Keterangan : Rilis LLDIKTI

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar