Tiga Program Studi di bawah naungan LLDIKTI-X peroleh izin dari Kemendikbudristek

id LLDikti, tiga prodi, prof herri, isi

Tiga Program Studi di bawah naungan LLDIKTI-X peroleh izin dari Kemendikbudristek

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri, MBA (kiri) didampingi Sekretaris Yandri, MH melakukan penyerahan SK Prodi pada Universitas Riau dan ISI Padang Panjang secara daring di Padang, Selasa. (Antara/HO-LLDikti)

Padang (ANTARA) - Tiga Program Studi (Prodi) baru di Perguruan Tinggi yang bernaung di bawah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X mendapatkan izin dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kepala LLDIKTI Wilayah X, Prof Dr Herri, MBA di Padang, Selasa mengatakan izin pembukaan Prodi baru diberikan kepada dua Perguruan Tinggi yakni Universitas Riau dan ISI Padang Panjang.

"Hal itu berdasarkan Keputusan Mendikbudristek Nomor 240/E/O/2021 tentang Izin Pembukaan Program Studi

Pendidikan Bahasa Inggris Program Magister pada Universitas Riau di Kota Pekanbaru," ujar dia seperti dirilis, Rabu.

Selanjutnya, Keputusan Mendikbudristek Nomor 238/E/O/2021 tentang Izin Pembukaan Program Studi Desain Produk Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Seni Program Magister pada ISI Padang Panjang.

Penyerahan Surat Keputusan tersebut dilakukan secara daring mengingat saat ini tengah dilakukan PPKM Darurat di Kota Padang termasuk di beberapa daerah lainnya akibat meningkatnya kasus pandemi COVID-19.

Ia mengatakan dengan telah keluarnya izin Prodi tersebut maka dua Perguruan Tinggi tersebut sudah bisa membuka penerimaan mahasiswa baru dan melakukan sosialisasi terkait hadirnya Prodi tersebut.

Prof Herri berpesan kepada dua perguruan tinggi tersebut untuk bisa menjaga kualitas dan bisa menjalankan Prodi sesuai dengan proposal yang telah dibuat sebelumnya.

"Misalnya mulai dari kualifikasi dosen yang mengajar, tempat praktek atau labor, kurikulum, kalaupun ada perubahan kurikulum mereka harus melakukan adaptasi dengan segera," ucapnya.

Sementara itu Rektor ISI Padang Panjang Prof Dr Novesar Jamarun mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada LLDIKTI Wilayah X yang telah mengayomi, membantu serta merekomendasikan

Prodi baru yang telah diusulkan oleh pihaknya pada Kemendikbudristek.

"Kami tidak merasakan satupun gangguan, keterbatasan, kesusahan, dalam berurusan dengan LLDIKTI Wilayah X, bahkan minggu lalu kami baru terima Prodi Humanitas Program Magister dan hari ini kami terima dua Prodi lagi dari lembaga tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan akan membuka penerimaan mahasiswa baru untuk dua Prodi baru itu melalui jalur Mandiri Khusus. Selain itu, ia mengajak agar seluruh pihak terkait bersama-sama meningkatkan SDM khususnya di Sumatera Barat.

Disisi lain, Rektor Universitas Riau, Prof Dr Aras Mulyadi, M .Sc mengemukakan sebelum menerima mahasiswa baru, perlu disiapkan persyaratan administrasinya.

"Persyaratan itu antara lain yakni menyiapkan SK Dosen untuk Prodi baru ini, selanjutnya SK Kurikulum, dan besaran pembayaran atau SPP yang diberikan pada calon mahasiswa yang akan masuk Prodi ini," ucapnya.