Peran karang taruna Padang bina pemuda menjadi kreatif, inovatif, dan berdaya saing

id Alwis

Peran karang taruna Padang bina pemuda menjadi kreatif, inovatif, dan berdaya saing

Pjs Wako Padang Alwis. (dok humas)

Sejauh ini sudah banyak karang taruna di beberapa kelurahan dan kecamatan memberikan prestasi. Hal ini harus merata di Kota Padang
Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, akan memaksimalkan peranan karang taruna untuk membina pemuda menjadi kreatif, inovatif, dan berdaya saing.

"Sejauh ini sudah banyak karang taruna di beberapa kelurahan dan kecamatan memberikan prestasi. Hal ini harus merata di kota," kata Pejabat Sementara (Pjs.) Wali Kota Padang Alwis di Padang, Senin.

Ia mencontohkan karang taruna Batang Sarumpun di Lubuk Begalung selain berprestasi secara nasional, inisiatif, dan pemikiran pemuda setempat telah membantu penderita penyakit kanker.

Selain itu, karang taruna di Tabing yang secara produktif mendorong warga untuk menanam cabai di lahan tidur.

Ada juga karang taruna di Banda Buek yang pada tahun 2015 meraih penghargaan nasional.

Menurut dia, hal itu menjadi bukti bahwa pemuda di Padang dapat berkembang positif bila mendapat arahan dan masukan.

Untuk itu, ke depan melalui karang taruna kota, pembinaan pemuda menjadi kreatif dan inovatif akan didukung pemerintah sepenuhnya.

Pemerintah akan mendukung setiap program dan pemikiran karang taruna, terlebih bila itu untuk kesejahteraan masyarakat dan pembangunan kota.

Tujuannya bukan semata untuk prestasi, tetapi juga mendidik kader pemimpin bangsa pada masa depan.

"Sebagai organisasi pemuda yang terpadu, karang taruna bisa mendukung terciptanya generasi emas di Padang," kata Alwis.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Padang Yaldi Chaniago mengatakan bahwa pihaknya segera melaksanakan rapat kerja usai kepengurusan terbentuk.

Saat ini dalam waktu dekat akan dilantik kepengurusan yang baru, kemudian baru membahas beberapa program kinerja. Salah satunya meningkatkan konsolidasi dengan karang taruna yang ada di kelurahan dan kecamatan.

Akan tetapi, secara keseluruhan fokus dari program karang taruna adalah membantu peningkatan kesejahteraan dan menciptakan pemuda yang berusaha dan mandiri. (*)