Wako Padang imbau masyarakat disiplin kelola sampah selama liburan.

id alwis

Wako Padang imbau masyarakat disiplin kelola sampah selama liburan.

Pjs Wako Padang, Alwis. (Dok humas Padang)

Padang. (Antaranews Sumbar) - Pejabat Sementara Wako Padang Alwis mengimbau masyarakat yang ada dan berkunjung ke daerah tersebut untuk disiplin dalam mengelola sampah selama liburan lebaran 1439 Hijriah.

"Seperti di tempat wisata, kebersihan dari sampah jelas harus dijaga untuk memberikan kenyamanan dalam liburan," ujarnya di Padang, Minggu.

Menurutnya beberapa yang bisa dilakukan seperti menyediakan tempat sampah saat berada di objek wisata seperti kantung plastik yang nantinya bisa dikumpulkan dan ditempatkan dalam pembuangan.

Kemudian secara disiplin memasukkan sampah pada tempat yang disediakan, seperti di Pantai Cimpago Padang terdapat tiga macam tempat sampah yang berwarna merah, kuning, hijau dengan gambar dari jenis sampah yang berbeda.

Bagi pedagang atau pengelola rumah makan juga secara disiplin dapat menyediakan tempat sampah representatif sehingga sampah tidak bertebaran di sepanjang objek wisata.

Termasuk masyarakat yang berkunjung ke arena bermain, tempat perbelanjaan atau sarana pemandian diharapkan dapat menjaga ketertiban akan sampah tersebut.

Untuk kebersihan sarana selama libur lebaran pihaknya telah mengerahkan relawan kebersihan dan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup dan juga kelompok sadar wisata di sekitar objek wisata.

Hanya saja dengan personel yang ada saat ini jumlahnya terbatas, bantuan masyarakat tentu akan memberikan sumbangsih yang banyak.

Dia memprediksi semakin banyaknya wisatawan yang hadir di Padang, tentu konsumsi akan meningkat yang sebagian sisanya berupa sampah. Untuk itu dengan pengelolaan sampah yang baik akan membantu kinerja pemerintah.

Saat ini ada sektar 54 rumah makan direkomendasi yang telah memiliki tempat sampah representasi, namun rumah makan dan tempat jajanan jumlahnya ribuan dan ada yang memiliki dan tidak tempat sampah.

Hal tersebut kata dia perlu jadi perhatian semua masyarakat. (*)