Jabatan gubernur Sumbar berakhir, Pemprov dipimpin Plh Alwis

id Sertijab

Jabatan gubernur Sumbar berakhir, Pemprov dipimpin Plh Alwis

Serahterima jabatan dari Gubernur Sumbar periode 2016-2021 Irwan Prayitno pada Plh Gubernur Alwis. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Jabatan Gubernur Sumbar periode 2016-2021 Irwan Prayitno-Nasrul Abit resmi berakhir dan Sekretaris Daerah Alwis resmi ditunjuk menjalankan roda pemerintahan sebagai pelaksana harian gubernur.

"Saat ini hasil Pilgub Sumbar masih bersengketa di MK. Agar tidak terjadi kekosongan pemerintahan, Sekda diamanahi sebagai Plh gubernur," kata Alwis di Padang, Jumat.

Ia mengatakan jabatan Plh gubernur akan diemban hingga pemenang Pilgub Sumbar ditetapkan KPU dan gubernur baru dilantik atau hingga Kemendagri menetapkan Pj Gubernur.

"Saya mohon dukungan dari semua pihak, termasuk Pak Irwan Prayitno dan Pak Nasrul Abit untuk bisa melaksanakan tugas ini semaksimal mungkin," katanya.

Berita acara penyerahan jabatan dari gubernur pada Plh dilakukan oleh Gubernur Sumbar 2016-2021 Irwan Prayitno dan Sekda Alwis sebagai Plh. Sementara Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan Ketua DPRD Sumba Supardi menjadi saksi penandatanganan berita acara.

Usai penandatanganan tersebut Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan kata pamit pada semua pihak terutama masyarakat Sumbar yang telah dipimpinnya selama dua periode sejak 2010.

Sementara wakil gubernur Sumbar Nasrul Abit berpesan agar pemimpin baru nantinya bisa memperhatikan nasib tenaga honorer.

Ia juga menitip pengentasan Kabupaten Mentawai dari status daerah tertinggal.***3***