Empat pewakilan Sumbar masuk nominasi penilaian perpustakaan tingkat nasional

id Alwis

Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumbar Alwis menerima buku Diary Siswa Pengenal Nusantara (SMN) yang diwakili Manager PT. Bhanda Ghara Reksa (BGR) sub Cabang Padang, Riduan Pasaribu, Senin (13/8). Penyerahan disela-sela acara bedah buku yang merupakan rangkaian BUMN Hadir Untuk Negeri 2018. (Ist)

Padang (Antaranews Sumbar) - Empat perwakilan Sumatera Barat masuk nominasi penilaian perpustakaan tingkat nasional karena telah meraih peringkat I tingkat provinsi.

Keempat itu, meliputi kategori Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Nagari, Pustakawan dan bercerita anak, kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Barat, Alwis di Padang, Senin.

Ia menjelaskan, Perpustakaan Sekolah dari SMAN Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Perpustakaan Nagari Solok Laweh, Kabupaten Solok.

Selanjutnya seorang Pustakawan asal Kota Solok, yang hari Senin-Selasa (13-14/8) pemaparan dihadapan tim juri di Jakarta.

Sedangkan yang nominasi bercita anak Sekolah Dasar 06 asal Kabupaten Padang Pariaman, penilaiannya nanti pada Septeber 2018, bertepatan dengan bulan kunjungan pustaka

"Tahun lalu kita juga mengirim untuk empat kategori itu. Hanya ada lomba bercerita asal Padangpanjang, tapi tidak nyangkut ke tahap selanjutnya," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Alwis juga mengimbau aparatur desa dan nagari di Sumbar, agat, mengalokasikan juga ada dari Kemendes RI untuk mendirikan pustaka.

Kendati sebagian dari nagari dan desa yang ada di Sumbat, sudah memanfaatkan alokasi dana desa untuk mendirikan perpustakaan.

"Semoga adanya pustaka umum di tingkat nagari, sehingga gerakan gemar membaca makin, meningkat di Sumbar," harapnya.*
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar