Dua bocah penderita "lumpuh layu" ditemui Ketua DPR Aceh

id kesehatan

Dua bocah penderita "lumpuh layu" ditemui Ketua DPR Aceh

pertolongan kesehatan (pixabay.com)

Lhoksukon, Aceh, (Antaranews Sumbar) - Dua bocah miskin penderita "lumpuh layu" di Desa Kuala Keruto, Kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara ditemui Ketua DPR Aceh, Tengku Muharuddin.

Tengku mengatakan, pihaknya berharap agar kedua bocah tersebut segera dirujuk ke RSUZA Banda Aceh, supaya mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pemkab Aceh Utara untuk menangani dan memberikan bantuan rehab rumah orang tua bocah ini," sebutnya.

Dia menjelaskan, kedua bocah malang itu adalah Saini Mubarak (6) dan adiknya Mirza (4,5). Mereka merupakan anak yatim, dari pasangan Muzakir dan Yusnaini. Keluarga kurang mampu ini tercatat sebagai warga Desa Kuala Keureutoe.

Dalam kunjungan tersebut, pihaknya membawa alakadar sumbangan untuk diserahkan kepada keluarga atau ibu dua bocah ini.

"Sebagai langkah awal, kunjungan kita hanya untuk melihat kondisi bocah yatim ini secara langsung, dengan membawa bantuan awal. Apalagi kondisi ekonomi keluarganya kian memprihatinkan," ujarnya.

Tengku Muhar menceritakan, berdasarkan keterangan orangtua korban diketahui bahwa Saini Mubarak sebelumnya pernah dioperasi.

"Sebelumnya, atau semasa ayahnya masih hidup, bocah pertama atas nama Saini Mubarak sudah menjalani operasi dan sudah membaik. Awalnya kondisi matanya berkedip tak beraturan, pasca operasi Alhamdulillah sudah ada perubahan," kata Tengku Muhar menjelaskan.

Dalam kunjung tersebut, Tengku Muhar turut di dampingi Panglima Muda Daerah IV Pase, M Jhony, dan anggota Komite Peralihan Aceh (KPA) lainnya di daerah tersebut. Kunjungan ini disambut warga setempat dan keluarga korban.

Ia akan mendorong pihak Dinas Kesehatan untuk menangani masalah gizi balita, sehingga anak-anak Aceh ke depan tumbuh dengan sehat.(*)