Pramuka membentuk karakter positif generasi muda

id Pramuka

Pramuka membentuk karakter positif generasi muda

Peserta lomba giat prestasi pramuka se-Pesisir Selatan di Kambang Utara sedang membuat tandu, Jumat (16/3). (ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pejabat Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyebutkan kegiatan pramuka akan mendorong terbentuknya karakter generasi muda yang positif sehingga terhindar dari pelbagai kegiatan merugikan seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran dan lainnya.

"Karakter generasi muda yang positif akan terbentuk melalui kegiatan-kegiatan pramuka yang mengutamakan pendidikan, disiplin dan tanggung jawab," kata Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten setempat, Jarizal di Nagari (Desa Adat) Kambang Utara, saat membuka Lomba Giat Prestasi Pramuka se-Pesisir Selatan, Jumat.

Ia menambahkan saat ini kenakalan di kalangan generasi muda cukup marak dan pramuka merupakan salah satu wadah penangkalnya.

Selain itu sebutnya, pramuka juga akan mendorong munculnya rasa kepedulian antar sesama, cinta negara dan bangsa yang bagi sebagian generasi muda saat ini mulai memudar.

"Pramuka memiliki peran strategis dalam menyongsong masa depan," kata dia.

Kepada pembina pihaknya berpesan agar kembali mengaktifkan pramuka baik di tingkat sekolah dasar, gugus, ranting ataupun cabang sehingga pramuka mendarah daging bagi generasi muda Pesisir Selatan.

Sementara itu, Ketua Harian Komunitas Pramuka Lengayang, Begi Pratama menyebutkan perlombaan giat prestasi pramuka diikuti 410 peserta dari sekolah perwakilan 15 kecamatan daerah setempat.

"Kami merencanakan kegiatan ini berlanjut untuk masa yang akan datang, pada kesempatan ini perlombaan dilaksanakan untuk tingkat penggalang dan tidak menutup kemungkinan dilaksanakan di tingkat penegak," katanya.

Beberapa perlombaan pada kegiatan itu ialah pertolongan pertama pada kecelakaan, baris berbaris, tapak perkemahan, sandi, tali menali, dan lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai hari ini hingga Minggu (18/3) mengusung tema "Mari Kita Tanamkan Rasa Persaudaraan Sesama Generasi Muda dan Mengharamkan Penyalahgunaan Narkoba".