Indeks tendensi konsumen triwulan IV 2017 di Sumbar menguat

id indeks tendensi konsumen,BPS Sumbar

Indeks tendensi konsumen triwulan IV 2017 di Sumbar menguat

Kepala BPS Sumbar, Sukardi.

Padang, (Antaranews Sumbar) - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat (Sumbar) mencatat indeks tendensi konsumen di daerah itu pada triwulan IV 2017 mencapai 103,28 atau menguat dibandingkan triwulan sebelumnya yang mencapai 102,76.

"Artinya kondisi ekonomi konsumen di Sumbar naik dan lebih optimis dari triwulan sebelumnya," kata Kepala BPS Sumbar Sukardi di Padang, Senin.

Ia menjelaskan indeks tendensi konsumen adalah indikator perkembangan ekonomi terkini yang dihasilkan BPS melalui survei tendensi konsumen yang menggambarkan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan berjalan.

Lebih lanjut ia mengatakan dalam melaksanakan survei dilakukan secara panel antar triwulan untuk memperoleh gambaran yang lebih akurat mengenai perubahan persepsi konsumen antar waktu.

Pelaksanaan survei dilakukan di Kabupaten Agam, Kota Padang, Kota Solok dan Kota Bukittinggi dengan jumlah sampel 28 Blok Sensus, ujar dia.

Ia menyampaikan turunnya indeks tendensi konsumen disebabkan dua variabel pembentuk yaitu pengaruh inflasi terhadap total pengeluaran rumah tangga dan variabel volume atau frekuensi konsumsi rumah tangga.

Sementara Indeks Tendensi Konsumen Sumbar pada triwulan I 2018 diperkirakan sebesar 94,70 yang bermakna kondisi ekonomi mengalami penurunan dan tingkat optimistis konsumen diperkirakan juga menurun dibandingkan triwulan IV 2017.

Ia mengatakan indeks tendensi konsumen triwulan IV berada di bawah indeks nasional yang berada pada posisi 107 menempati urutan ke-10 diantara provinsi lain di Sumatera. (*)