Legislator minta pemkot Padang gali sumber-sumber pendapatan asli daerah

id Elly Thrisyanti

Legislator minta pemkot Padang gali sumber-sumber pendapatan asli daerah

Ketua DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti. (ist)

Maksimalkan PAD Kota Padang yang pada 2017 rata-rata OPD penghasil PAD tidak mencapai target yang telah ditetapkan
Padang, (Antaranews Sumbar) - Ketua DPRD Kota Padang, Sumatera Barat Elly Thrisyanti meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) agar dapat menggali sumber-sumber pendapatan baru bagi daerah tersebut.

"Hal itu bertujuan untuk memaksimalkan PAD di Kota Padang, yang pada 2017 rata-rata OPD penghasil PAD tidak mencapai target yang telah ditetapkan," kata dia di Padang, Rabu.

Ia mencontohkan Dinas Perhubungan yang hanya tercapai 60 persen dari target PAD, sehingga hal tersebut perlu mendapatkan perhatian.

Apalagi, katanya Dinas Perhubungan merupakan salah satu OPD yang berkontribusi besar terhadap PAD Kota Padang terutama dari retribusi perparkiran.

Jadi perlu kembali dikaji dan ditelaah ulang, penyebab tidak tercapainya target yang ditetapkan tersebut, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi untuk ke depannya.

Oleh karena itu, OPD penghasil PAD ujar dia, dituntut mampu mendongkrak PAD dengan memaksimalkan potensi yang ada, dan menggali potensi-potensi yang ada melalui ide-ide baru, sehingga dapat menggenjot pendapatan.

Sementara Koordinator Komisi II Wahyu Iramana Putra mengatakan setiap OPD penghasil PAD harus bersungguh-sungguh dalam mencapai target PAD, karena dari PAD itulah salah satunya dapat mendukung pembangunan Kota Padang.

"Sehingga OPD yang berkontribusi terhadap PAD itu harus selalu dievaluasi pencapaiannnya," katanya.

Ia berharap PAD daerah tersebut dapat meningkat, dengan upaya-upaya dan inovasi baru yang dilahirkan oleh masing-masing OPD penghasil PAD.

"Dengan meningkatnya PAD tentu akan mendorong pembangunan lebih cepat di Kota Padang," ujar dia. (*)