Payakumbuh Tingkatkan Kompetisi ASN Guna Maksimalkan Pelayanan Publik

id ASN

Payakumbuh Tingkatkan Kompetisi ASN Guna Maksimalkan Pelayanan Publik

Pemkot Payakumbuh serahkan sertifikasi kompetisi ASN. ( Antara Sumbar/Mardikola Tri Rahmad)

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), meningkatkan kompetensi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu guna meningkatkan pelayanan publik.

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz saat melakukan pembukaan pada Selasa mengajak para peserta untuk dapat menerapkan pengetahuan dalam kegiatan itu nantinya.

"Kami berharap seluruh aparatur kecamatan dan kelurahan dapat berbenah. Pahami pekerjaan dan lingkup tugas masing-masing serta bekerja secara cerdas dan ikhlas," kata dia.

Ia mengatakan peningkatan kompetensi kelurahan dan kecamatan itu kedua instansi itu merupakan salah satu simpul pelayanan yang langsung berhubungan dengan masyarakat.

Menurutnya, peningkatan kompetensi itu dalam rangka mencapai visi dan misi daerah sebagaimana tercantum dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Payakumbuh mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik, bersih dan bebas KKN.

Sementara itu, Kabag Pemerintahan Setdako Payakumbuh Atur Satria mengatakan kelurahan serta kecamatan adalah ujung tombak dan cerminnya pelayanan publik di Payakumbuh.

"Apabila di keduanya telah buruk, masyarakat tentunya akan menganggap bahwa pelayanan pemko ke masyarakat juga buruk," kata dia.

Selain itu pelayanan, kata dia kelurahan juga berperan membantu camat dalam melakukan pemberdayaan masyarakat, memelihara ketentraman dan ketertiban umum, serta tugas pokok dan fungsi lainnya.

Ia menyebutkan kegiatan peningkatan kompetensi ASN itu berlangsung selama dua hari yaitu 21 sampai 22 November 2017. Peserta adalah masing lurah dar 48 kelurahan, dan Kasi Pemerintahan dari lima kecamatan yang ada di kota itu.

Untuk narasumber, pihaknya mengundang Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Ombudsman RI perwakilan Sumatera Barat Adel Wahyudi, Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Payakumbuh Martha Minanda, dan Kabag Pemerintahan Setdako Payakumbuh. (*)