Orientasi Awal calon ASN Kemenkumham Sumbar, Kadivmin beri pembekalan dan pelaksanaan Tusi

id Kemenkumham Sumbar,Berita sumbar

Orientasi Awal calon ASN Kemenkumham Sumbar, Kadivmin beri pembekalan dan pelaksanaan Tusi

Padang (ANTARA) - Orientasi awal terhadap calon Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Hukum dan HAM 2023 telah dimulai oleh Kanwil Kemenkumham Sumatra Barat (Sumbar) pada Rabu (24/4) oleh panitia penerimaan CPNS 2023.

Tiga puluh calon ASN dengan formasi penjaga tahanan itu mendapatkan arahan dan bimbingan langsung dari Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumbar Ramelan Suprihadi.

"Orientasi diperlukan untuk memberikan pengenalan terhadap instansi serta tugas dan fungsi (Tusi) yang akan dilaksanakan oleh para calon ASN nanti," kata Ramelan di Padang.

Menurutnya melalui orientasi para calon ASN yang akan menjadi penjaga tahanan diharapkan tidak bingung, tidak meraba-raba saat bertugas di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan.

Usai arahan dari Kadivmin, para calon ASN kembali diarahkan oleh panitia untuk mengikuti pemanasan dan pelatihan baris berbaris dasar.

Pelatihan dilakukan untuk melatih kedisiplinan tertib dan sifat tegas bagi para peserta orientasi, termasuk pemeriksaan kerapian agar mereka berpenampikan bersih dan rapi.

Pada sore hari, pengarahan bagi para calon ASN dilanjutkan oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Ruliana Pendah Harsiwi.

“Kalian adalah orang-orang yang beruntung karena di antara ribuan orang yang ingin masuk, kalian adalah 30 orang yang terseleksi dan berhasil mejadi CPNS Kemenkumham Sumbar," katanya.

Namun demikian, lanjutnya, masih ada waktu satu tahun untuk menilai kesungguhan dalam mengimplementasikan kode etik ASN.

Diakhir arahannya Kadivyankumham juga mengenalkan seluruh divisi dan struktur jabatan pada Kanwil kemenkumham Sumbar kepada calon ASN.