Kemenag Bukittinggi gelar tujuh program Ramadan untuk ASN dan Dharmawanita

id Kemenag Bukittinggi,Berita bukittinggi,Berita sumbar

Kemenag Bukittinggi gelar tujuh program Ramadan untuk ASN dan Dharmawanita

Kassubag Tata Usaha Kemenag Bukittinggi, Tri Andriani memaparkan tujuh program prioritas membangun ima dan rasa peduli sosial Aparatur Sipil Negara (ASN) selama Ramadan (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat menggelar tujuh program pembinaan kepada aparatur sipil negara (ASN) dan persatuan Dharmawanita selama Ramadan 1445 Hijriyah.

"Berbagai kegiatan tersebut digelar dengan mengangkat tema "Semarak Ramadhan 1445 Hijriyah" kolaborasi ASN dan Dharmawanita Persatuan Kemenag Kota Bukittinggi," kata Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi,Tri Andriani Djusair, Selasa.

Tri menyebut program pertama p "Sahaju" atau adalah Satu Hari Satu Juz (Sahaju) dengan pelaksanaan Tadarus atau membaca Al Quran setiap pagi yang dilaksanakan ASN Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi secara langsung dan dalam jaringan (daring).

"Program kedua adalah "Tiara" atau Mutiara Ramadan yaitu tausiyah yang digelar setelah pelaksanaan Salat Zuhur berjamaah, juga diikuti seluruh ASN," kata dia.

Program ketiga Rapi atau Ramadhan Peduli yaitu pengumpulan Zakat, Imfak dan Sadaqah selama Ramadan oleh ASN Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi bersama Dharmawanita Persatuan untuk disalurkan kepada yang berhak menerima.

Selanjutnya Tri Andriani Djusair mengatakan program keempat "Babako atau bagi-bagi pabukoan (menu takjil) dan program kelima"Sandra" atau Santunan Ramadan yaitu pemberian santunan ke panti asuhan.

"Program keenam ketujuh adalahTadarus Online yang dinamakan dengan Tadarus dan Khatam Al Quran ASN dan Dharmawanita persatuan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi dan berbuka bersama," kata dia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Eri Iswandi menyampaikan bahwa berbagai program yang dilaksanakan tersebut dalam rangka untuk lebih meningkat keimanan dan ketakwaan serta melatih kepedulian sosial.

"Penyelenggaraan tujuh program kegiatan keagamaan dan edukasi ini untuk meningkatkan pengetahuan. Semarak Ramadhan merupakan program kerja dalam bentuk kegiatan sebagai wujud kepedulian," kata Eri.

Ia menambahkan tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan kepedulian dan motivasi diri untuk senantiasa berbagi, menghidupkan suasana Ramadan dengan aktifitas yang dapat mendekatkan diri kepada Tuhan.