Inilah Program Dinas Lingkungan Hidup Sumbar Sambut Hari Pers Nasional

id Hari Pers Nasional

Inilah Program Dinas Lingkungan Hidup Sumbar Sambut Hari Pers Nasional

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menyampaikan arahan pada seminar pra HPN 2018 yang diadakan di Kawasan Wisata Danau Kembar, Kabupaten Solok, Jumat (3/11). (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini )

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumatera Barat akan memberikan pelatihan penulisan berita tentang lingkungan dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional ke-34 yang diselenggarakan pada 2018 di Kota Padang.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar, Sitti Aisyah menyebutkan pelatihan penulisan tersebut diperuntukkan bagi sejumlah wartawan yang bertugas di daerah setempat.

Menurutnya, berita mengenai lingkungan banyak istilah-istilah yang cukup teknis, jika tidak dipahami maka maknanya akan berbeda.

"Kami ingin berbagi mengenai hal ini, sehingga ketika ada kejadian yang berkaitan dengan lingkungan, insan pers tidak sulit lagi memahami istilah yang ada," ujarnya.

Ia berharap ke depan hubungan DLH Sumbar dengan wartawan sebagai mitra yang menyampaikan informasi kepada masyarakat terus harmonis.

Kegiatan ini, sebutnya akan dilaksanakan sekitar pertengahan Desember 2017. "Pra HPN kita sudah mulai lakukan kegiatan untuk menyambutnya," kata dia.

Sitti mengatakan hal ini juga sesuai dengan arahan gubernur untuk mendukung kegiatan HPN.

Sementara Kalangan DPRD Sumbar berpendapat peringatan HPN 2018 yang akan diselenggarakan di Kota Padang dapat menggenjot promosi pariwisata provinsi setempat.

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim mengatakan ketika kegiatan HPN berlangsung tentu akan banyak wartawan maupun pihak lain yang datang dari seluruh Indonesia ke Sumbar sehingga hal itu akan menggenjot sektor pariwisata daerah ini yang sudah dikenal karena keindahannya.

"Media-media yang datang baik lokal maupun nasional tentu mengekspos Sumbar termasuk tempat wisatanya," ujarnya.

Misalnya saja, sekitar 2.000 wartawan yang hadir. sebagian besar di antara mereka membuat tulisan tentang wisata Sumbar di medianya masing-masing, akan besar promosi pariwisata daerah. (*)