Hadiri HPN, DPRD Agam komit dukung kebebasan pers

id DPRD Agam,HPN di Jakarta,Berita agam,Berita sumbar

Hadiri HPN, DPRD Agam komit dukung kebebasan pers

Pimpinan DPRD Agam sedang menghadiri HPN di Jakarta, Senin (19/2). Dok Humas DPRD Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat selalu berkomitmen untuk terus mendukung kebebasan pers dalam menjaga demokrasi, akuntabilitas pemerintah dan memberikan suara kepada yang tidak terdengar.

"Mari kita mendukung kebebasan pers dan berkomitmen untuk memperjuangkan integritas, kebenaran, dan keadilan melalui media," kata Wakil Ketua DPRD Agam Suharman saat peringatan Hari Himpunan Pers Nasional (HPN) di Jakarta pada 17 sampai 21 Februari 2024.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Agam Rinal Wahyudi, Ketua Fraksi PKS DPRD Agam Syafrudin, Ketua Fraksi PAN DPRD Agam Zulpardi, Ketua Fraksi PPP DPRD Agam Gema Saputra dan Ketua Fraksi PBB Hanura Berkarya DPRD Agam Noveri Edios dan Pranata Humas Hasneril.

Ia mengatakan semoga hari ini menjadi pengingat bagi semua akan nilai-nilai penting yang disampaikan oleh pers dalam masyarakat yang demokratis.

HPN dalam rangka untuk mengapresiasi peran penting media massa dalam menyebarkan informasi yang akurat dan berimbang kepada masyarakat serta mengangkat tema mengawal transisi kepemimpinan nasional dan keutuhan bangsa.

Sementara Wakil Ketua Marga Indra Putra menambahkan HPN adalah momen penting untuk menghargai peran yang tak tergantikan dari media dalam menyebarkan informasi dan menjaga kebebasan berekspresi.

"Semoga keberadaan pers terus menginspirasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebenaran dan keadilan. Terima kasih kepada semua wartawan dan media atas dedikasi mereka dalam membangun masyarakat yang lebih sadar dan berbudaya," katanya.

Ketua Fraksi PKS DPRD Agam Safrudin mengatakan HPN kali ini menjadi penuh makna ditengah derasnya arus informasi di dunia digital.

Makna itu minimal ada dua hal penting yakni, insan pers terus meningkatkan profesionalismenya, tidak ketinggalan degan era kemajuan digital baik masalah kreativitas, media online, keakuratan berita dan lainnya.

Setelah itu insan pers semakin ditantang ditengah mudahnya orang menjadi wartawan, membanjirnya berita dan melimpahnya informasi di dunia maya.

"Insan pers mestilah segera menyesuaikan diri dengan transformasi digital," katanya.

Ia berharap insan pers tetap menjalankan fungsinya sebagai penjaga demokrasi dan berperan sebagai kontrol sosial bagi pemerintah maupun bagi masyarakat, sehingga peran wartawan senantiasa bisa menjadi pencerah dan pembangun peradaban.

Lalu memberikan informasi yang akurat dan berimbang untuk kemajuan bangsa dan daerah, menginspirasi banyak pihak untuk kemajuan bersama, selamat HPN moga terus berjaya di dunia digital.