Tiga Seniman Nasional Berkolaborasi Dalam Kaba Festival

id Ery Mefri

Tiga Seniman Nasional Berkolaborasi Dalam Kaba Festival

Koreografer Nan Jombang Dance Company, Ery Mefri. (Dok. Pribadi)

Padang, (Antara Sumbar) - Tiga orang seniman nasional akan berkolaborasi dalam menampilkan karya tari pada rangkaian acara Kaba Festival 4 yang akan digelar pada 2 - 5 Agustus 2015 di Taman Budaya Sumatera Barat.

Direktur Kaba Festival, Angga Djamar di Padang, Selasa, mengatakan ke tiga seniman tersebut adalah Ery Mefri dari Sumbar, serta Miroto dan Mugiyono dari Pulau Jawa.

"Alasan dari dipilihnya Miroto dan Mugiyono dalam karya ini lantaran keduanya adalah koreografer yang sudah menjelajahi dunia dengan menari," katanya.

Ia menyebutkan Kaba Festival diselenggarakan dalam rangka memfasilitasi seniman dalam menampilkan karya mereka dan untuk festival tahun ini terdapat beberapa keistimewaan, seperti dengan adanya penampilan kolaborasi dari seniman nasional.

"Selain itu festival kali ini juga mendatangkan seniman dari luar negeri, seperti dari Belanda, Jepang dan Taiwan," ujarnya.

Sementara itu koreografer Ery Mefri mengatakan pada pementasan ini dilakukan sebagai sebuah persembahan terhadap seorang maestro seni tradisi, Manti Manuik.

Pada 5 Agustus, sepuluh tahun lalu, Ery menceritakan untuk pertama kalinya ia bersama grup Nan Jombang Dance Company berangkat dari Padang menuju Australia untuk menjejaki dunia internasional.

Ia menuturkan saat keberangkatan tersebut sebenarnya berbalut duka, sebab Manti Menuik yang merupakan orang tuanya meninggal dini hari itu.

"Saya memutuskan untuk tetap berangkat, sebab apa pun yang terjadi tidak ada yang menghambat kesenian," ujarnya.

Untuk mengenang itulah, Ery kemudian membuat sebuah tari dan mengajak seniman lain berkolaborasi guna mengenang ayahnya yang merupakan seorang seniman tari tradisi, terutama tari Adok dan tari Piriang.

Ery Mefry bersama dua seniman lainnya dijadwalkan akan tampil pada hari terkahir festival, yaitu pada 3 Agustus 2017 pukul 21.10 WIB di Taman Budaya Sumbar. (*)