Sekolah di Padang Perlu Terapkan English Day

id english day

Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengatakan sekolah di daerah tersebut memerlukan penerapan hari berbahasa Inggris atau biasa dikenal English Day.

"Program Tentang English Day yang baru diluncurkan patut dipersiapkan khusus oleh sekolah dalam membina generasi internasional Padang ke depan," katanya di Padang, Selasa.

Menurutnya penerapan hari berbahasa Inggris di sekolah penting untuk memunculkan kaum muda intelektual dan mahir berbahasa internasional.

Dengan kebiasaan berbahasa Inggris, siswa akan lebih mudah saat bertemu orang asing dan melakukan komunikasi.

"Kaitannya dengan Padang yang sering didatangi wisatawan asing dan prospek internasional ke depannya," tambahnya.

Terlebih cita-cita Padang menjadi kota maritim dunia dan pariwisata tentu kehadiran orang dari luar negeri akan lebih banyak.

Selain itu, katanya adanya pencanangan Masyarakat Ekonomi ASEAN keperluan generasi muda berbahasa Inggris sangat penting.

"Ini juga kaitannya dengan persiapan bonus demografi dalam memunculkan sumber daya manusia yang berkompeten," kata Mahyeldi.

Menurutnya maksud pemerintah meluncurkan program ini di sekolah sebagai langkah menghindarkan siswa dan masyarakat Padang pada ketidakmampuan berbahasa Inggris, sebab sebagian warga dinilai belum mahir dalam berbahasa internasional tersebut.

Sementara itu, Panitia pengarah hari berbahasa Inggris di Padang, Rico Candra Negoro menyebutkan pelaksanaan ini akan dilakukan pada setiap hari Rabu.

Pada hari tersebut seluruh sekolah melakukan praktek berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.

Dalam hal, pihaknya akan memberikan sertifikasi dengan tingkatan A, B, C sesuai prestasi praktek bahasa Inggrisnya.

Dia mengaku untuk sampai tahap ini, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada guru SMA, SMP dan SD akan penerapannya tepat sasaran. (*)