Kadispora Sumbar: CFD 2024 ajang olahraga dorong ekonomi masyarakat

id Car free day

Kadispora Sumbar: CFD 2024 ajang olahraga dorong ekonomi masyarakat

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Meifrizon. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kembali menggelar kegiatan Car Free Day (CFD) pada tahun 2024 yang dinilai efektif untuk mengajak masyarakat mencintai olahraga sekaligus mendorong perekonomian karena ikut melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Dua minggu terakhir kami memang menghentikan pelaksanaan Car Free Day untuk sementara. Waktu ini kami gunakan untuk mengevaluasi pelaksanaan pada tahun 2023. Minggu depan, 21 Januari 2024 mulai kembali," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Meifrizon di Padang, Kamis.

Ia mengatakan berdasarkan hasil evaluasi Car Free Day menjadi salah satu agenda yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Terbukti sekitar delapan ribu orang memanfaatkan agenda rutin ini setiap minggu untuk berolahraga bersama keluarga.

"Ribuan orang memanfaatkan ruas jalan tempat pelaksanaan Car Free Day ini setiap minggu yaitu Jalan Rasuna Said, Jalan Jenderal Sudirman, dan Kompleks GOR H. Agus Salim, Padang. Ini efektif untuk mengajak masyarakat untuk berolahraga," katanya.

Selain itu, jumlah pengunjung yang cukup banyak itu sekaligus memiliki potensi besar dari sudut pandang ekonomi. UMKM bisa memperkenalkan dan menjual produknya.

"Ini menjadi peluang bagi UMKM di Sumbar untuk bisa lebih dikenal, tumbuh dan berkembang," ujarnya.

Karena itu, kata Meifrizon pihaknya akan memberi ruang lebih bagi UMKM untuk ikut memeriahkan Car Free Day ya g digelar pada pukul 06.00-10.00 WIB setiap minggu.

"Kami akan lebih menata tempat bagi UMKM. Tapi kami juga meminta untuk bisa ikut menjaga kebersihan dengan mengelola sampahnya," ujarnya.

Pihaknya juga terus bekerja sama dengan TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, serta Dinas Kesehatan untuk pengamanan dan memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Ia mengatakan rencananya Car Free Day itu akan diluncurkan ulang oleh Gubernur pada 21 Januari 2024. Salah satu acara peluncuran adalah memecahkan rekor MURI makan balanjuang (makan bersama) terpanjang.

Sementara itu Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dispora Sumbar, Rasyidi Sumetry mengatakan bahwa peluncuran CFD 2024 nantinya juga dilengkapi dengan posko layanan kesehatan gratis, klinik pelatihan, pusat aktivitas anak anak (multilateral), berbagai acara kesenian, sentra produk UMKM, sentra kuliner sehat, dan lain sebagainya.