Pemkot Padang beri pelayanan adminduk "One Day Service"

id Disdukcapil Padang, one day service

Pemkot Padang beri pelayanan adminduk "One Day Service"

Kepala Disdukcapil Kota Padang, Teddy Antonius. (ANTARA/Melani Friati)

Padang (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang, Sumatera Barat meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan atau adminduk dengan inovasi pelayanan sehari siap atau “one day service”.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padang, Teddy Antonius di Padang, Jumat menyebut inovasi tersebut telah mulai dilaksanakan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Dengan inovasi one day service ini, Disdukcapil Kota Padang mampu melayani sekitar seribu permohonan layanan adminduk dalam sehari," ujarnya.

Ia mengatakan semua bentuk administrasi kependudukan seperti pengurusan Kartu Kelurga, KTP, pengurusan aktivasi IKD hingga pindah domisili masuk dalam inovasi ini sehingga masyarakat bisa lebih cepat dan nyaman dengan segala pengurusan.

Teddy mengatakan agar pengurusan bisa lancar dan tidak terkendala, masyarakat diminta untuk membawa semua kelengkapan dokumen dan syarat yang dibutuhkan.

"Selama dokumen dan syarat lengkap, masyarakat bisa menikmati program one day service ini," katanya.

Ia menyebut pelayanan dalam inovasi one day service itu bisa dilakukan secara daring maupun luring dengan langsung ke loket pelayanan.

"Pelayanan daring atau online melalui aplikasi maupun langsung ke loket akan diselesaikan dalam satu hari," katanya.

Disdukcapil ke depan menurut Teddy juga akan memperluas program itu dengan sistem jemput bola hingga ke kecamatan dan kelurahan.

Salah seorang warga Padang, Riki Wijaya mengapresiasi inovasi yang dibuat oleh Disdukcapil Kota Padang itu karena ada kepastian waktu yang dibutuhkan dalam pengurusan administrasi kependudukan itu.

“Saya merasa senang dengan pelayanan disdukcapil karena satu jam dari pendaftaran sudah selesai. Jadi kita tidak perlu menunggu lebih lama, satu hari atau dua hari," katanya.*