Bupati : Kepala Sekolah Harus Disiplin

id Hendra joni

Painan, (Antara Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Hendrajoni menegaskan kepala sekolah di daerah itu untuk disiplin sehingga menjadi tauladan bagi jajaran guru ataupun muridnya.

"Tidak hanya soal kehadiran namun dalam penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) juga harus disiplin jangan bermasalah," tegas bupati usai silaturahmi dengan kepala sekolah se-Pesisir Selatan, di GOR Zaini Zein Painan, Sabtu.

Ia menambahkan profesi guru merupakan profesi mulia namun apabila tidak dilaksanakan dengan disiplin bisa berdampak kurang bagus baik bagi anak didiknya ataupun dirinya sendiri.

"Kalau tidak disiplin tentu keberhasilan dalam mendidik akan rendah sehingga muridnya akan rugi, begitu juga terkait dana BOS kalau tidak disiplin bisa saja mengantarkan yang bersangkutan ke meja hijau," kata dia.

Dalam kesempatan itu ia juga memberikan penekanan kepada jajaran Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan yang ada di masing-masing kecamatan untuk tidak memotong gaji guru.

"Jangan ada potong memotong terkait keuangan seperti sertifikasi guru karena itu hak guru," katanya.

Kemajuan pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak baik dari dinas, UPTD, kepala sekolah dan jajaran guru untuk itu semua pihak harus bersama-sama memajukan pendidikan, kata Hendrajoni lagi.

Terpisah, Kepala SDN 11 Rawang, Sutera, Ruslan mengatakan selain harus meningkatkan disiplin kunci sukses lainnya adalah menyukai pekerjaan yang sedang dikerjakan.

"Kalau mereka saat ini dipercaya menjadi guru ataupun kepala sekolah harus dilakoni serius dan jangan berpikir menjadi pedagang sehingga tidak mengganggu profesi yang ada," tutupnya.