Nagari Pauah Pasaman Ikuti Penilaian Tingkat Provinsi

id Nagari Berprestasi

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Nagari Pauah, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, terpilih mewakili daerah setempat dalam ajang penilaian Nagari Berprestasi tingkat provinsi tahun 2016.

Plt Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pasaman, Fuji Radial, di Lubuk Sikaping, Jumat, mengatakan penilaian ini sesuai dengan Permendagri nomor 1 tahun 2015. Yang dinilai adalah potensi nagari (desa adat) dan kelembagaan nagari.

"Penilaian tersebut mencakup tujuh bidang yakni bidang pemerintahan, wilayah, pendidikan, kesehatan, pengembanagan ekonomi dalam pengentasan kemiskinan, PKK dan kelembagaan partisipasi masyarakat," ujarnya.

Wali Nagari Pauah, Raymon Andesta mengatakan penilaian ini berdasarkan evaluasi dasar perkembangan nagari, jadi Pauah termasuk nagari yang cepat berkembang.

"Seluruh aspek juga dilakukan penilaian termasuk masalah seni budaya," ujarnya.

Ia menjelaskan keberhasilan Nagari Pauah dalam penilaian ini tidak terlepas dari peran serta dan dukungan seluruh pihak mulai dari pihak Pemkab Pasaman, lintas sektoral dan masyarakat.

"Kita berharap nagari kita menjadi percontohan bagi nagari lain di Sumbar," ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Nagari Pauah, Jufrial mengatakan Nagari Pauah telah banyak meraih berbagai prestasi di tingkat kabupaten dan provinsi.

"Kita juga meraih juara II Penyelenggaraan, Pemberdayaan dan Kesejahteraan KB tingkat Sumbar tahun 2009, juara umum Pemberdayaan Perempuan tingkat Lubuk Sikaping 2008, dan tiga kali menerima penghargaan walinagari terbaik tingkat Pasaman tahun 2008, 2012 dan 2014," ujarnya.

Katanya, Nagari Pauah juga pernah meraih juara II Pawai tingkat Lubuk Sikaping, Juara umum MTQ tingkat Lubuk Sikaping tahun 2010 dan masih banyak lainnya.

Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Pauah, Hendry V. Khatib Rajo berharap dengan terselenggaranya penilaian ini kedepannya Nagari Pauah dapat menjadi lebih baik lagi.

"Kita ingin Pauah lebih dikenal di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Kita akan jadikan ini sebagai motivasi agar lebih baik lagi kedepannya," katanya. (*)