Penilai Nagari Berprestasi Kunjungi Koto Nan Tigo

id nagari berprestasi

Painan, Sumbar, (Antara Sumbar) - Tim penilai nagari berprestasi (desa adat) tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), mengunjungi Koto Nan Tigo Utara Surantih yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sumbar, yang merupakan ketua tim, Syafrizal Ucok di Painan, mengatakan kedatangannya untuk mengklarifikasi kesesuaian data, program unggulan sampai pada tahap perencanaan nagari.

Tim yang terdiri dari 13 orang itu, kata dia, menilai beberapa bidang diantaranya pemerintahan, kewilayahan, serta kelompok masyarakat yang meliputi ekonomi, kesehatan, PKK, pendidikan dan lembaga masyarakat.

Ia menjelaskan kecocokan antara data yang disampaikan nagari ke provinsi merupakan salah satu faktor penentu kemenangan.

"Kalau kami menemukan ketidakcocokan tentu akan ada pengurangan nilai," ujar dia.

Ia mengungkapkan salah satu manfaat dari kegiatan ini untuk memotivasi pemerintah nagari dan masyarakat di nagari untuk bersama-sama melaksanakan pembangunan.

Sementara, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Pesisir Selatan, Mawardi Roska mengungkapkan keberhasilan nagari dalam pemberdayaan masyarakat sangat ditentukan oleh kualitas pemimpin wali nagari dan lembaga kemasyarakatanya.

"Kedua lembaga itu punya peran yang strategis apabila keduanya kompak, maka pembangunan akan terlaksana dengan maksimal," lanjutnya.

Wali Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih, Erwil menambahkan pembangunan sektor pendidikan di nagari itu terlihat dengan berdirinya TK/PAUD, SD dan SMP.

Sedangkan pada sektor kesehatan, dibangun dua unit pusat kesehatan nagari (puskesri) dan empat unit posyandu.

"Tentu kami sangat berharap menjadi juara ditingkatkan provinsi, karena hal itu akan motivasi kami untuk terus membangun," ujarnya.

Sebelumnya, pada Senin (16/5) Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menobatkan Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih sebagai juara pertama nagari berprestasi di kabupaten itu.