Banjir-Longsor Pegunungan Arfak Akibatkan Enam Orang Hilang

id Longsor Arfak, Papua Barat

Banjir-Longsor Pegunungan Arfak Akibatkan Enam Orang Hilang

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)

Jakarta, (AntaraSumbar) - Hujan deras yang berlangsung dua hari terus-menerus mengakibatkan banjir dan longsor di Kecamatan Minyambouw, Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat sehingga enam orang hilang.

"Longsor juga menyebabkan akses jalan dari Manokwari ke Kabupaten Pegunungan Arfak terputus sehingga seribu kepala keluarga terisolasi" kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho lewat keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin.

Sutopo Purwo Nugroho mengatakan BPBD Provinsi Papua Barat telah mengirimkan Tim Reaksi Cepat untuk melakukan pendataan yang beranggotakan tujuh orang.

BPBD, kata Sutopo, telah mengirimkan bantuan makanan siap saji 60 dus, 120 karton makanan kaleng (ransum), sejumlah pakaian layak pakai, 46 tikar, 25 selimut dan kebutuhan dasar lainnya.

Alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum, lanjut dia, telah dikerahkan untuk mengatasi longsor meski jumlahnya masih kurang.

Menurut Sutopo, kebutuhan mendesak yang diperlukan adalah alat berat untuk membersihkan material longsor dan meperbaiki akses jalan.

"Kondisi saat ini masih diguyur hujan deras," kata dia. (*)